Omega: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Sains Fisika
Vol 3 No 1 (2024): Omega: Jurnal Pendidikan dan Sains Fisika

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NUMBER HEAD TOGETHER(NHT) DAN PENDEKATAN SCIENCE ENVIRONMENTTECHNOLOGY SOCIETY (SETS) TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS XSMA NEGERI 1 CIBAL PAGAL KABUPATEN MANGGARAI

railisiad, railisiad delim (Unknown)
Akhfar, Mariani (Unknown)
Harnipa, Harnipa (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Jun 2024

Abstract

RAILISIA DELIMA RUG, 2023. “Pengaruh Model Pembelajaran Number Head Together (NHT) Dan Pendekatn Science Environment Technology Society (SETS) Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X Sma Negeri 1 Cibal Pagal Kabupaten Manggarai”. Dibimbing Oleh (ibu Mariani Akhfar dan Harnipa) Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen desain yang digunakan adalah Posttest Only Control Desaing populasi dalam penelitian seluruh siswa kelas X MIPA SMAN 1 Cibal berjumlah 90 orang jumlah tersebut terbagi menjadi 3 kelas di setiap kelas terdiri dari 30 siswa dengan menggunakan teknik simple random sampling kelas X MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan MIPA 2 kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah teknik tes, observasi dan dokumentasi. Data yang diperoleh dengann cara analisis statistik deskriptif dan uji independent sampel t-test hasil penelitian menunjukan bahwa hasil pembelajaran besaran dan satua siswa kelas X MIPA 1 SMAN 1 cibal dengan menggunakan model pembelajaran Number Head Together (NHT) dan pendekatan Science Environment Technology Society (SETS) dikategorikan memadai Hal ini dilihat dari rata-rata hasil belajar siswa setelah menggunakan model pembelajaran NHT dengan pendekatan SETS atau kelas eksperimen yaitu 75,33 lebih besar dari rata-rata hasil belajar siswa pada kelas kontrol yaitu 56,5, dan hasil hipotesis uji independent sampel t-test dengan nilai thitung 3,320> ttabel 2, 048 tujuan penelitian ini adalah 1. Untuk mengetahui hasil belajara fisika siswa kelas X SMA Negrei 1 Cibal yang diajar dengan model pembelajaran konvesional. 2. Untuk mengetahui hasil belajar fisika siswa kelas X SMA Negeri 1 Cibal dengan menerapkan model pembelajaran NHT dengan pendekatan SETS. 3. Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran NHT dengan pendekatan SETS terhadap hasil belajar fisika kelas X SMA Negri 1 Cibal. Sesuai dengan hasil penelitian ini diajukan saran supaya guru khususnya guru fisika kelas X SMAN 1 Cibal agar menerapkan atau menggunakan model pembelajaran Number Head Together (NHT) dan pendekatan Science Environment Technology Society (SETS) dalam pembelajaran fisika. Kata Kunci: NHT, SETS, Hasil Belajar

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

approach

Publisher

Subject

Physics Other

Description

OMEGA: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Sains Fisika merupakan jurnal elektronik dan cetak yang mempublikasikan artikel kajian ilmiah baik dalam bidang pendidikan dan pembelajaran fisika pada berbagai jenjang maupun dalam bidang kajian sains fisika. Artikel yang dipublikasi dalam OMEGA: Jurnal Ilmu ...