Jurnal Pengabdian Masyarakat Profesi Guru
Vol. 2 No. 1 (2025)

Pendampingan Pembelajaran Berdiferensiasi Berdasarkan Gaya Belajar Pada Topik Energi Terbarukan Di SMAN 10 Samarinda

Nurul Fitriyah Sulaeman (Program Studi Pendidikan Fisika, Universitas Mulawarman)
Achmad Muhtadin (Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Mulawarman)
Atin Nuryadin (Program Studi Pendidikan Fisika, Universitas Mulawarman)
Regina Bilqis Wardani (Program Studi Pendidikan Fisika, Universitas Mulawarman)



Article Info

Publish Date
02 Jun 2025

Abstract

Kegiatan pengabdian masyarakat ini berangkat dari analisis situasi yang mengidentifikasi kesulitan guru dan mayoritas peserta didik dalam pembelajaran fisika yang berdiferensiasi. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk mendampingi guru dalam mengeksplorasi gaya belajar peserta didik serta responnya terhadap pembelajaran berdiferensiasi pada materi energi terbarukan. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan pendampingan. Metode dan bentuk kegiatan pengabdian sesuai dengan tujuan kegiatan meliputi 3 langkah kegiatan yaitu: 1) tes gaya belajar, 2) kegiatan pembelajaran berdiferensiasi berdasarkan gaya belajar, dan 3) observasi dan refleksi. Sasaran kegiatan pembinaan ini adalah 1 orang guru dan 35 peserta didik pada mata pelajaran fisika. Hasil kegiatan ditunjukkan dengan hasil belajar siswa melalui assessment of learning dan assessment for learning. Hasil kegiatan pembinaan dan pelatihan menyimpulkan peserta sudah memahami gaya belajar serta memiliki refleksi yang positif terhadap pembelajaran berdiferensasi. Hasil wawancara menunjukkan pembelajaran diferensiasi pada proses pendampingan telah meliputi, diferensiasi konten, proses, produk dan lingkungan belajar. Respon guru dan peserta didik menunjukkan mereka merasa terbantu dengan adanya pendampingan ini.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jpmpg

Publisher

Subject

Humanities Education Environmental Science Social Sciences Other

Description

Jurnal Pengabdian Masyarakat Profesi Guru merupakan jurnal Ilmiah yang menjadi wadah bagi para akademisi dan praktisi untuk mempublikasikan hasil kegiatan pengabdian masyarakat di bidang pendidikan. Jurnal ini diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Profesi Guru, FKIP, Universitas Mulawarman. ...