Jurnal Pendidikan dan Sosial Humaniora
Vol. 1 No. 1 (2021): Maret : Jurnal Pendidikan dan Sosial Humaniora

PENINGKATAN KETERAMPILAN MENGAJAR GURU BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING LEARNING MELALUI PENERAPAN SUPERVISI PEMBELAJARAN KEPALA MADRASAH MTs MUHAMMADIYAH LIMBUNG

Bantang Bantang (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Apr 2021

Abstract

Pembelajaran merupakan suatu proses yang kompleks dan melibatkan berbagai aspek yang saling berkaitan. Oleh karena itu, untuk mewujudkan pembelajaran yang efektif diperlukan berbagai keterampilan yaitu keterampilan mengajar dalam hal ini membelajarkan. Permasalahan yang ditemukan di lapangan bahwa guru masih mengandalkan metode ceramah, tanya jawab, dan diskusi dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran, masih perlu adanya peningkatan dalam hal keterampilan dasar mengajar guru upaya mewujudkan pembelajaran yang efektif. Permasalahan tersebut mendorong peneliti sebagai Kepala Madrasah untuk melakukan penelitian tindakan dengan tujuan untuk mengetahui penerapan dan keefektifan supervisi pembelajaran Kepala Madrasah upaya meningkatkan keterampilan mengajar guru berbasis Contextual Teaching Learning (CTL) di MTs Muhammadiyah Limbung Kab. Gowa Tahun Pelajaran 2020-2021. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) yang dilakukan dalam 3 siklus. Peningkatan keterampilan mengajar guru pada siklus I, II, dan III sebesar 73,00%, 76,13%, dan 87,75%. Sedangkan peningkatan keterampilan guru pada ketuntasan individu pada siklus I, II, dan III sebesar 50%, 75%, 100%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa kegiatan pembinaan melalui penerapan supervisi pembelajaran Kepala Madrasah dapat meningkatkan keterampilan mengajar guru berbasis Contextual Teaching Learning (CTL). Selain itu juga, kegiatan supervisi pembelajaran ini memiliki efektivitas dalam meningkatkan keterampilan mengajar guru berbasis Contextual Teaching Learning (CTL).

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

Khatulistiwa

Publisher

Subject

Humanities Education

Description

Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan dan Sosial Humaniora, adalah jurnal studi ilmu-ilmu Sosial humaniora dan pendidikan yang bersifat peer-review dan terbuka. Bidang kajian dalam jurnal ini termasuk linguistik, sastra, filsafat, psikologi, hukum, pendidikan, sosial dan studi budaya. Jurnal Sosial ...