Jurnal Pendidikan dan Sosial Humaniora
Vol. 2 No. 2 (2022): Juni : Jurnal Pendidikan dan Sosial Humaniora

Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Melalui Penerapan Model Pembelajaran Langsung (Directive Learning) Kelas VIII H Mata Pelajaran IPS Semester 2 di SMPN 1 Ponorogo Tahun Ajaran 2021-2022

Nursamsu (SMPN 1 Ponorogo)



Article Info

Publish Date
05 Apr 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model pembelajaran langsung (directive learning) dalam meningkatkan prestasi belajar Kelas VIII H Mata Pelajaran IPS Semester 2. Rancangan penelitian yang akan dilakukan adalah menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Metode yang pengumpulan data melalui tes, observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah: (1) reduksi data, (2) penyajian data, (3) penarikan kesimpulan. Hasil penelitiannya adalah: setelah dilakukan tindakan dengan menerapkan model pembelajaran langsung (directive learning) siswa Kelas VIII H SMPN 1 Ponorogo perubahan prestasi belajar siswa dapat dilihat dari prestasi belajarnya yang cenderung meningkat dan hasil observasi aktivitas siswa. Hal itu dapat dilihat dari hasil observasi bahwa aktivitas siswa pada siklus I sebesar 66.66%, sedangkan pada siklus II sebesar 82.5%. Dengan demikian, berarti pada siklus II Prestasi belajar siswa sudah meningkat dibanding dengan siklus I. Hal ini juda dibuktikan dengan perolehan Prestasi belajar siswa pada tes pra tindakan, siklus I dan siklus II. Nilai taraf keberhasilan mengalami perubahan yang cenderung meningkat dari 68 pada pra tindakan, meningkat 75.7 pada siklus I dan meningkat lagi menjadi 83.5 pada siklus II. Dengan demikian, penerapan model pembelajaran langsung (directive learning) dalam meningkatkan prestasi belajar Kelas VIII H Mata Pelajaran IPS Semester 2 di Kelas VIII H SMPN 1 Ponorogo.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Khatulistiwa

Publisher

Subject

Humanities Education

Description

Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan dan Sosial Humaniora, adalah jurnal studi ilmu-ilmu Sosial humaniora dan pendidikan yang bersifat peer-review dan terbuka. Bidang kajian dalam jurnal ini termasuk linguistik, sastra, filsafat, psikologi, hukum, pendidikan, sosial dan studi budaya. Jurnal Sosial ...