JURNAL SENTRA: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan Anak Usia Dini
Vol. 2 No. 1 (2022): Jurnal Sentra: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan Anak Usia Dini

Meningkatkan Kemampuan Penjumlahan melalui Model Pembelajaran Problem Solving dengan Benda Konkret pada Anak Usia Kelompok B TK Indrakila Kecamatan Arjosari Kabupaten Pacitan Tahun Pelajaran 2021/2022

Prasetyo, Dodik (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Jun 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan penjumlahan melalui problem solving dengan benda konkret. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian dilakukan 2 siklus dengan tema rekreasi dan pekerjaan. Subjek dalam penelitian ini adalah anak kelompok B TK Indrakila Arjosari Pacitan, dengan jumlah 22 anak yang terdiri dari 9 anak perempuan dan 13 anak laki-laki. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siklus I, rerata kemampuan penjumlahan 11-15 (64,01) meningkat menjadi 83,33. Pada penjumlahan 16-20 (51,13) meningkat menjadi 85,60. Langkah pembelajarannya yaitu: 1) guru memperkenalkan benda konkret yang digunakan, 2) guru mencontohkan bagaimana memecahkan persoalan penjumlahan, 3) guru membacakan problem solving, 5) anak memecahkan persoalan penjumlahan dengan mengambil, memindah, menggabung dan menghitung secara langsung benda konkret, dan 6) anak memecahkan persoalan penjumlahan secara individu pada siklus I dan berpasangan pada siklus II.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JS

Publisher

Subject

Education

Description

JURNAL SENTRA: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan Anak Usia Dini features original research in early childhood education, especially in Muslim society from around the world. With this as its main focus, it should be emphasized that the definition of education contains parenting and its ...