cover
Contact Name
Dodik Prasetyo
Contact Email
dodikpsetyo@alfattah.ac.id
Phone
+6285640018663
Journal Mail Official
jurnalsentrapaud@alfattah.ac.id
Editorial Address
LPPM STAI AL-FATTAH PACITAN Jl. Nawangan Km. 02 Jatimalang, Arjosari, Pacitan, Jawa Timur, Indonesia.
Location
Kab. pacitan,
Jawa timur
INDONESIA
JURNAL SENTRA: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan Anak Usia Dini
Published by STAI Al-Fattah Pacitan
ISSN : -     EISSN : 28088921     DOI : https://doi.org/10.1515
Core Subject : Education,
JURNAL SENTRA: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan Anak Usia Dini features original research in early childhood education, especially in Muslim society from around the world. With this as its main focus, it should be emphasized that the definition of education contains parenting and its multidisciplinary approach, covering all related fields, including Islamic religion, gender, psychology, sociology, child’s health and social work.
Articles 27 Documents
Analisis Pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Tema Aku Sayang Bumi Kegiatan Kelas Orang Tua dalam Pemanfaatan Barang Bekas di TK Satya Dharma Desa Jatigunung Tulakan Tahun Pelajaran 2023/2024 Anggraeni; Prasetyo, Dodik
JURNAL SENTRA: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan Anak Usia Dini Vol. 3 No. 2 (2023): Jurnal Sentra: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan Anak Usia Dini
Publisher : LPPM STAI Al-Fattah Pacitan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.1515/a0kj4h64

Abstract

TK Satya Dharma adalah salah satu TK yang ada di Desa Jatigunung yang sudah menerapkan Kurikulum Merdeka pada tahun Pelajaran 2022/2023. Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) adalah bagian dari Kurikulum Merdeka. Berkaitan dengan hal ini maka kegiatan “Kelas Orangtua” sebagai wadah kegiatan parenting di sekolah. Tujuan dari penelitian ini untuk mendiskripsikan pelaksanaan P5 melalui kelas orang tua dalam pemanfaatan barang bekas, mendiskripsikan faktor pendukung dan faktor penghambat, serta solusi dari kegiatan ini. Metode penelitian yang digunakan adalah diskripsi kualitatif. Prosedur pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan sejak tanggal 03 Agustus sampai 01 September 2023. Hasil penelitian ini adalah “Kelas Orangtua” dilakukan setiap bulan. P5 dilaksanakan secara serentak bersamaan dengan peringatan HUT RI Ke-78 yaitu karnaval menggunakan kreasi barang bekas pada tanggal 28 Agustus 2023. Produk yang dihasilkan antara lain hiasan dinding, bunga, media pembelajaran, beberapa bunga, dan baju, topi, dan ornament lainnya. Faktor pendukung dari program ini berasal dari orangtua itu sendiri dan kolaborasi dari Kepala Sekolah dan guru. Faktor penghambatnya berasal dari orangtua yang belum bisa aktif mengikuti kegiatan ini. Solusinya yaitu menguatkan atau mengoptimalkan komunikasi dengan orangtua agar tercapai tujuan kelas orangtua.
Meningkatkan Kemampuan Penjumlahan melalui Model Pembelajaran Problem Solving dengan Benda Konkret pada Anak Usia Kelompok B TK Indrakila Kecamatan Arjosari Kabupaten Pacitan Tahun Pelajaran 2021/2022 Prasetyo, Dodik
JURNAL SENTRA: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan Anak Usia Dini Vol. 2 No. 1 (2022): Jurnal Sentra: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan Anak Usia Dini
Publisher : LPPM STAI Al-Fattah Pacitan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.1515/4z3eh773

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan penjumlahan melalui problem solving dengan benda konkret. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian dilakukan 2 siklus dengan tema rekreasi dan pekerjaan. Subjek dalam penelitian ini adalah anak kelompok B TK Indrakila Arjosari Pacitan, dengan jumlah 22 anak yang terdiri dari 9 anak perempuan dan 13 anak laki-laki. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siklus I, rerata kemampuan penjumlahan 11-15 (64,01) meningkat menjadi 83,33. Pada penjumlahan 16-20 (51,13) meningkat menjadi 85,60. Langkah pembelajarannya yaitu: 1) guru memperkenalkan benda konkret yang digunakan, 2) guru mencontohkan bagaimana memecahkan persoalan penjumlahan, 3) guru membacakan problem solving, 5) anak memecahkan persoalan penjumlahan dengan mengambil, memindah, menggabung dan menghitung secara langsung benda konkret, dan 6) anak memecahkan persoalan penjumlahan secara individu pada siklus I dan berpasangan pada siklus II.
Wayang Kartun: Media untuk Meningkatkan Minat Berbahasa Jawa Anak Kelompok B TK Tunas Muda Desa Sedayu Kecamatan Arjosari Kabupaten Pacitan Tahun Pelajaran 2022/2023 Prasetyo, Dodik
JURNAL SENTRA: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan Anak Usia Dini Vol. 3 No. 1 (2023): Jurnal Sentra: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan Anak Usia Dini
Publisher : LPPM STAI Al-Fattah Pacitan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.1515/fpn4yy24

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat berbahasa Jawa anak melalui metode bercerita dengan media wayang kartun pada anak kelompok B di TK Tunas Muda Sedayu. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bersifat kolaboratif. Desain penelitian yang digunakan mengadopsi model spiral dari Kemmis dan Mc. Taggart. Subjek penelitian berjumlah 18 anak yang terdiri dari 10 anak perempuan dan 8 anak laki-laki. Objek penelitian adalah minat berbahasa Jawa melalui metode bercerita menggunakan media wayang kartun. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara dan observasi. Instrumen yang digunakan adalah lembar wawancara dan lembar observasi. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa kegiatan bercerita menggunakan media wayang kartun dapat meningkatkan minat berbahasa Jawa anak. Hal ini dapat diketahui dari meningkatnya minat berbahasa Jawa anak pada tahap Pra Siklus terlihat 5 anak (28%) yang memiliki minat tinggi terhadap bahasa Jawa, pada siklus I terdapat 7 anak (41%) yang memiliki minat tinggi terhadap bahasa Jawa, pada siklus II 14 anak (80%) memiliki minat tinggi terhadap bahasa Jawa, sehingga tindakan dihentikan karena minat berbahasa Jawa anak sudah mencapai indikator keberhasilan.
Implementasi Pendidikan Karakter “Jujur” pada Masa Pandemi Covid-19 untuk Anak Usia Dini melalui Cerita Nabi Muhammad SAW Sebagai Suri Tauladan di RA Nurul Falah Desa Mlati Kecamatan Arjosari Kabupaten Pacitan Dwiantari, Wiwid Pheni
JURNAL SENTRA: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan Anak Usia Dini Vol. 2 No. 1 (2022): Jurnal Sentra: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan Anak Usia Dini
Publisher : LPPM STAI Al-Fattah Pacitan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.1515/efz60f84

Abstract

Penelitian ini untuk mengetahui perencanaan dan implementasi guru dalam membangun karakter “Jujur” pada masa pandemi covid-19 untuk anak usia dini di RA Nurul Falah Desa Mlati Kecamatan Arjosari Kabupaten Pacitan Melalui cerita Nabi Muhammad SAW sebagai suri tauladan. Penelitan ini menggunakan pendekatan kualitatif yang berbentuk diskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan observasi. Adapun hasil penelitian ini adalah: 1) Perencanaan implementasi pendidikan karakter “Jujur” melalui cerita Nabi Muhammad SAW sebagai suri tauladan: a) Membuat RPPH dan disusun secara lengkap, b) Memahami RPPH dan performance, c) RPPH merupakan perencanaan yang dibuat agar mencapai tujuan. Perencanaan bisa berubah menyesuaikan keadaan anak dengan memodivikasi RPPH yang sudah dibuat; dan 2) Implementasi guru dalam membangun karakter “Jujur” anak usia dini melalui cerita Nabi Muhammad SAW sebagai suri tauladan: a) Metode pembelajaran diintegrasikan melalui pembiasaan, role model, melalui kegiatan-kegiatan sehari-hari, b) Menggunakan penerapan metode pembiasaan dan keteladanan kepada anak-anak didik.
Upaya Meningkatkan Kemampuan Matematika Anak Usia Dini melalui Permainan Manik-Manik di BA Aisyiyah Tulakan Kabupaten Pacitan Tahun Pelajaran 2022/2023 Kumalasari, Hanit Nugraini
JURNAL SENTRA: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan Anak Usia Dini Vol. 2 No. 1 (2022): Jurnal Sentra: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan Anak Usia Dini
Publisher : LPPM STAI Al-Fattah Pacitan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.1515/rzgext74

Abstract

Penelitian ini bertujuan untukmengetahui kemampuan berhitung permulaan mulai 1-20, pada anak usia dini di BA Aisyiyah Tulakan karena kemampuan berhitung permulaannya masih rendah. Terbukti dari 16 anak baru ada 4 anak yang kemampuannya berkembang sesuai harapan/bisa berhitung 1-20 dengan baik dan benar. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK).  Pelaksanaan PTK dilakukan dalam dua siklus. Teknik penggumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Instrumen penelitiannya adalah lembar observasi peningkatan kemampuan matematika melalui permainan manik manik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berhitung permulaan 1-20 pada pra siklus 25%, setelah dilakukan tindakan siklus I mencapai 50% dan pada siklus I Imencapai 80%. Total peningkatannya mencapai 55%. Berdasarkan analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan permainan meronce dapat meningkatkan kemampuan matrmatika.
Meningkatkan Kemampuan Mengenal Warna melalui Kegiatan Mencampur Warna TK Bina Putra Pringkuku Pacitan Putro, Heri Cahyono; Lestari, Sri
JURNAL SENTRA: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan Anak Usia Dini Vol. 2 No. 1 (2022): Jurnal Sentra: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan Anak Usia Dini
Publisher : LPPM STAI Al-Fattah Pacitan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.1515/qm80tt62

Abstract

Mengenal warna pada anak usia dini merupakan kemampuan anak untuk mengetahui dari satu warna ke warna lain. Penelitian ini memiliki tujuan antara lain memaparkan aktivitas guru, anak, dan peningkatan kemampuan mengenal warna anak usia dini di TK Bina Putra kecamatan Pringkuku Kabupaten Pacitan. Peneliti menggunakan pendekatan action research yaitu penelitian tindakan kelas. Terdapat 2 siklus kegiatan ini yang melibatkan masing-masing 2 tahapan perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subyek Penelitian ini terdiri dari 19 siswa TK A dan 2 guru. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, sedangkan analisis menggunakan deskriptif Adapun hasil penelitian terdiri dari siklus I pertemuan 1 mendapat skor 80%. Hasil tersebut menunjukkan penelitian tindakan kelas ini belum berhasil karena target yang ditentukan adalah 85%, maka penelitian berlanjut pada siklus 2. Pada siklus II diperoleh data mencapai 95%. Peningkatan persentase pada siklus I ke siklus ke II dikarenakan guru menyampaikan materi dengan runtut sehingga situasi kelas kondusif dan menyenangkan bagi anak, serta memberikan apresiasi bagi para siswa. Dapat disimpulkan bahwa proses pembelajaran melalui metode eksperimen dapat meningkatkan kemampuan mengenal warna anak usia dini di TK Bina Putra Pringkuku Pacitan.
Pembiasaan Kegiatan Keagamaan dalam Membangun Karakter Siswa di TK Muslimat NU Kecamatan Pacitan Putro, Heri Cahyono
JURNAL SENTRA: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan Anak Usia Dini Vol. 3 No. 1 (2023): Jurnal Sentra: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan Anak Usia Dini
Publisher : LPPM STAI Al-Fattah Pacitan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.1515/vxdvgh08

Abstract

Pembiasaan keagamaan menjadi poin utama lembaga pendidikan anak usia dini. keunggulan di sektor ini menunjukkan peminat atau orang tua wali menyekolahkannya di lembaga tersebut. Penelitian ini bertujuan yaitu untuk mengetahui pembiasaan keagamaan dalam membangun karakter siswa di TK Muslimat NU Pacitan. Metodologi penelitian yang ditetapkan oleh Peneliti yaitu menggunakan pendekatan kualitatif, Dimana data penelitian diambil menggunakan observasi dan wawancara. Kemudian Peneliti menggunakan teknik analisis data melalui reduksi data, menyaikan data dan memverifikasi data. Adapun hasil penelitian menyebutkan bahwa pembiasaan keagamaan di TK Muslimat NU Pacitan terdiri dari bedoa sebelum pembelajaran dimulai, membaca asmaul husna, sholat dhuha berjamaah pada hari jum’at dan sabtu, dan infaq atau bersedekah untuk membangun karakter pada anak usia dini di TK Muslimat NU Pacitan.
Implementasi Metode Percampuran Warna pada Siswa Kelompok B di Taman Kanak-Kanak Sinar Putra Nawangan Kabupaten Pacitan Tahun 2023 Kumalasari, Hanit Nugraini
JURNAL SENTRA: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan Anak Usia Dini Vol. 3 No. 1 (2023): Jurnal Sentra: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan Anak Usia Dini
Publisher : LPPM STAI Al-Fattah Pacitan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.1515/am7m2333

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana tahap persiapan metode pencampuran warna pada anak kelompok B,mengetahui bagaimana tahap pelaksanaan metode pencampuran warna pada anak kelompok B. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelompok B Kelompok B dengan jumlah subjek dalam penelitian ini adalah 1orang guru pembimbing kelas B Sentra Bahan Alam dan 5 orang yang terdiri dari 2anak perempuan dan 3 anak laki-laki. Teknik analisis data yang digunakan ialah reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya guru guna mencapai keberhasilan pelaksanaan metode percampuran warna anak usia 5-6 tahun, yaitu: (a) tahap persiapan metode pencampuran warna pada anak usia 5-6 tahun terlaksana dengan baik; (b) tahap pelaksanaan metode melalui kegiatan pencampuran warna pada anak usia 5-6tahun di TK berjalan dengan baik; (c)tahap tindak lanjut metode pencampuran warna pada anak usia 5-6 tahun  belum terlaksana dengan baik.
Upaya Meningkatkan Motorik Halus Anak Usia Dini melalui Metode Mencocok Gambar di TK Tunas Muda Kecamatan Arjosari Kabupaten Pacitan Dwiantari, Wiwid Pheni
JURNAL SENTRA: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan Anak Usia Dini Vol. 3 No. 1 (2023): Jurnal Sentra: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan Anak Usia Dini
Publisher : LPPM STAI Al-Fattah Pacitan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.1515/6my4pa59

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah melalui metode mencocok gambar dapat meningkatkan kemampuan motorik halus pada anak. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang meliputi, Perencanaan, Tindakan, Pengamatan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Dari penelitian ini didapatkan bahwa metode mencocok gambar memiliki kelebihan dapat menarik minat dan keaktifan anak, bentuk gambar yang dicocok bervariasi, lebih menarik perhatian anak, mempermudah serta mempercepat pemahaman anak, pembuatannya mudah, harganya terjangkau, dapat mengatasi adanya batasan ruang dan waktu hingga dapat membuat anak lebih aktif, kreatif dan inovatif dalam mengikuti pembelajaran tanpa rasa bosan yang dibuktikan adanya peningkatan hasil belajar anak pada siklus I diperoleh 48 % meningkat pada siklus II diperoleh 78%. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data metode mencocok gambar dapat meningkatkan kemampuan motorik halus pada anak di TK Tunas Muda Arjosari Pacitan.
Pola Asuh Orang Tua terhadap Sosial Emosional Anak di Era Digital (Studi Kasus Pada TK Lestari Wiyata Desa Jatigunung Kecamatan Tulakan Kabupaten Pacitan) Ekawati, Sri; Prasetyo, Dodik
JURNAL SENTRA: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan Anak Usia Dini Vol. 3 No. 2 (2023): Jurnal Sentra: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan Anak Usia Dini
Publisher : LPPM STAI Al-Fattah Pacitan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.1515/g37v8y39

Abstract

Pada era digital sebagian besar orang tua telah melek teknologi, sehingga mayoritas anak telah dikenalkan alat digital terutama gadget, seperti yang terjadi di TK Lestari Wiyata Desa Jatigunung. Hal tersebut memungkinkan mempengaruhi bagaimana perkembangan social emosional anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola asuh orang tua terhadap social emosional anak di era digital dan untuk mengetahui dampak penggunaan gadget di era digital terhadap social emosional anak. Metode yang diginakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan wawancara dan observasi sebagai alat pengumpulan data. Penelitian ini dilakukan pada 25 Februari 2022 sampai 27 Februari 2022. Hasil dari penelitian ini adalah di TK Lestari Wiyata Desa Jatigunung mayoritas ora tua menerapkan pola asuh demokratis dan sebagian lainnya menerapkan pola asuh permisif. Sehingga sebagian besar anak didik di TK Lestari Wiyata Desa Jatigunung mampu mengendalikan keinginannya, mampu menunjukkan apa yang di rasakan melalui ekspresi, tahu akan haknya, dan mampu menghargai pendapat orang lain.

Page 1 of 3 | Total Record : 27