JURNAL SENTRA: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan Anak Usia Dini
Vol. 4 No. 1 (2024): JURNAL SENTRA: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan Anak Usia Dini

Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan Menggunakan Media Papan Raba pada Anak Kelompok A TK Putra Harapan Sedeng Pacitan

Aminah (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan menggunakan media papan raba pada anak Kelompok A di TK Putra Harapan Desa Sedeng. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan berkolaborasi dengan guru menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart dengan yaitu tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian dilaksanakan pada bulan April-Juni 2023. Subjek penelitian adalah 17 anak, terdiri dari 11 anak laki-laki dan 6 anak perempuan. Objek penelitian adalah kemampuan mengenal lambang bilangan menggunakan media papan raba. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi dan dokumentasi, sedangkan instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasilnya menunjukkan peningkatan menggunakan media papan raba. Persentase rata-rata kemampuan mengenal lambang bilangan pada Pratindakan sebesar 58,82% meningkat pada Siklus I menjadi 74,07% dan meningkat kembali pada Siklus II menjadi 92,16%.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JS

Publisher

Subject

Education

Description

JURNAL SENTRA: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan Anak Usia Dini features original research in early childhood education, especially in Muslim society from around the world. With this as its main focus, it should be emphasized that the definition of education contains parenting and its ...