Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan
Vol. 2 No. 3 (2022): November 2022 : Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan (JURDIKBUD)

PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN PASSING ATAS BOLA VOLI PADA PESERTA DIDIK SMP: Pengembangan Model Passing Atas, Bola Voli, Peserta Didik SMP

Lahinda, Jori (Unknown)
Markus Fenanlampir (Unknown)
Pulung Riyanto (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Nov 2022

Abstract

Abstrak Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan produk Pembelajaran Model Pembelajaran Passing Atas Bola Voli Pada Peserta Didik SMP. Model pembelajaran tersebut diharapkan dapat membantu guru pada saat proses pembelajaran pendidikan jasmani, khususnya pada materi bola voli. Penelitian ini menggunakan metode ADDIE. Hasil penelitian menghasilkan produk yang berupa model Pembelajaran Model Pembelajaran Passing Atas Peserta Didik SMP telah divalidasi dan direvisi oleh ahli sebanyak 19 model. Data dikumpulkan melalui kegiatan dokumentasi, wawancara, dan observasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif. Hasil penelitian ini berupa buku Model Pembelajaran Passing Atas Pada Pesrta Didik SMP. tahap validasi pada Dosen bola voli memberikan tanggapan 1 model tidak layak dan 19 model dikatakan layak hasil presentase 95% sehingga mempunyai tanggapan sangat layak, pada wasit Bola Voli memberikan tanggapan 1 model tidak layak dan 19 model dikatakan layak hasil presentase 95% sehingga mempunyai tanggapan sangat layak, pada pelatih Bola Voli memberikan tanggapan 2 model tidak layak dan 18 model dikatakan layak hasil presentase 90% sehingga mempunyai tanggapan sangat layak dan guru penjasorkes memberikan tanggapan 1 model tidak layak dan 19 model dikatakan layak hasil presentase 95% sehingga mempunyai tanggapan sangat layak. Uji skala kecil mendapatkan hasil 14,997 dan skala besar dengan hasil 16,598. Berdasarkan hasil penelitian membuktikan Model Pembelajaran Passing Atas Pada Peserta Didik SMP dapat dikembangkan dan diterapkan dalam pembelajaran bola voli di Sekolah Menengah Pertama. Model Pembelajaran Passing Atas Pada Peserta Didik SMP efektif dapat meningkatkan kemampuan passing atas bola voli pada peserta didik Sekolah Menegah Pertama. Model Pembelajaran Passing Atas Pada Peserta Didik SMP dapat memberikan kontribusi yang positif didalam menunjang pencapaian tujuan dalam pembelajaran PJOK di Sekolah Menengah Pertama, karena selain dapat meningkatkan kemampuan passing atas bola voli, peserta didik dapat termotivasi untuk melakukan suatu pembelajaran dengan bervariasi. Kata Kunci: Pengembangan Model Passing Atas, Bola Voli, Peserta Didik SMP

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jurdikbud

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Linguistik: fonologi, morfologi, sintaksis, semantik, pragmatik, sosiolinguistik, analisis percakapan, analisis wacana kritis Sastra: sastra kontemporer, sastra komparatif, pendekatan interdisipliner dalam sastra, kritik sastra, sastra dan sejarah, sastra dan media, sastra dan seni lainnya, puisi ...