Kepemimpinan transformasional adalah kepemimpinan yang menghasilkan pada kemampuan kepala sekolah untuk melakukan perubahan mendalam yang mendorong inovasi dan kreativitas, yang bertujuan untuk mewujudkan visi yang telah di tetapkan. Sehingga tercipta lingkungan belajar yang mendukung pengembangan profesionalitas guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menguji instrumen kepemimpinan transformasional kepala sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode survei deskriptif kuantitatif dengan kuesioner sebagai alat pengumpul data dengan skala pengukuran Likert dari 1 sampai 5, dengan total 24 pertanyaan yang mencakup empat aspek kepemimpinan transformasional yaitu Pengaruh Ideal, Motivasi Inspirasi, Stimulasi Intelektual, Pertimbangan Individual. Penelitian ini menggunakan quota sampling untuk memilih 27 pendidik dan 6 tenaga kependidikan sekolah dari SDN Jombang 03 di Kota Tangerang Selatan dari populasi pendidik dan staf sekolah yang lebih besar di kota tersebut. Dengan Cronbach's Alpha sebesar 0,997, pernyataan instrumen tersebut valid dan dapat dipercaya, sesuai dengan temuan penelitian. Statistik deskriptif menunjukkan persepsi positif terhadap kepemimpinan transformasional kepala sekolah dengan rata-rata skor tinggi pada dimensi Pengaruh Ideal, Motivasi Inspirasi, Stimulasi Intelektual, Pertimbangan Individual. Temuan ini tidak hanya memperkuat teori kepemimpinan transformasional dalam konteks pendidikan dasar tetapi juga menyediakan alat yang efektif untuk evaluasi dan pengembangan kepemimpinan. Instrumen yang dikembangkan dapat digunakan untuk menilai dan meningkatkan efektivitas kepemimpinan kepala sekolah, memberikan implikasi praktis bagi pengawas pendidikan dan pembuat kebijakan dalam meningkatkan kualitas pendidikan dasar.
Copyrights © 2025