Penelitian ini bertujuan tujuan untuk mengetahui adanya pengaruh media pembelajaran flashcard terhadap kemampuan membaca permulaan siswa kelas II SDN Banyu Urip VI/367 Surabaya. Metode penelitian ini quasi experimental dengan desain Posttest only control design. Populasi penelitian yang meliputi seluruh siswa kelas II SDN Banyu Urip VI/367 Surabaya. Sampel penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu kelas II A (28 siswa) dan kelas II B (28 siswa). Teknik pengumpulan data yang menggunakan tes lisan dengan pertanyaan yang sesuai dengan indikator digunakan dalam penelitian ini. Indikator kemampuan membaca permulaan, seperti ketepatan menyuarakan tulisan, ketepatan lafal, intonasi, kelancaran dan kejelasan suara. Teknik analisis data menggunakan Uji T- Test. Hasil pengolahan data tersebut diperoleh nilai sig 0,00 < 0,05 yang artinya ada pengaruh penggunaan media pembelajaran flashcard terhadap kemampuan membaca permulaan siswa kelas II SDN Banyu Urip VI/367 Surabaya.
Copyrights © 2025