Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI)
Vol. 5 No. 2 (2025): Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 2025 (2)

Analisis Kebutuhan Kemampuan Literasi dan Numerasi Guru Sekolah Dasar

Febrianty, Tanti (Unknown)
Cesaria, Anna (Unknown)
Zulkifli, Zulkifli (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Apr 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan literasi dan numerasi guru sekolah dasar serta tantangan yang dihadapi dalam mengajarkan keterampilan tersebut.berdasarkan hasil observasi, dan wawancara dengan guru di berbagai daerah, ditemukan bahwa sebagian besar guru memiliki pemahaman dasar yang baik dalam literasi dan numerasi, namun kesulitan dalam mengembangkan metode pengajaran yang kreatif dan interaktif. Guru di daerah perkotaan menunjukkan kompetensi yang lebih tinggi dibandingkan dengan guru di daerah pedesaan, yang sering menghadapi keterbatasan akses terhadap pelatihan dan sumber daya pendidikan. Selain itu, banyak guru mengungkapkan kesulitan dalam mengintegrasikan teknologi dalam pembelajaran karena terbatasnya fasilitas dan koneksi internet. Metode penelitian Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif untuk menganalisis kemampuan literasi dan numerasi guru sekolah dasar serta tantangan yang dihadapi dalam mengajarkan keterampilan tersebut.teknik pengumpulan data mengunakan lembar observasi dan lembar wawancara. Teknik analisis data menggunakan data kualitatif yaitu reduksi data, display data. Hasil wawancara juga menunjukkan bahwa guru menginginkan lebih banyak pelatihan yang relevan dan berkelanjutan untuk meningkatkan keterampilan mereka dalam mengajarkan literasi dan numerasi. Penelitian ini menyarankan pentingnya peningkatan akses pelatihan, sumber daya pendidikan, dan penggunaan metode pembelajaran yang lebih inovatif guna meningkatkan kompetensi guru dalam kedua bidang tersebut.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jppi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI) dengan p-ISSN: 2797-2879 dan e-ISSN: 2797-2860 merupakan jurnal pendidikan dan pembelajaran yang menerbitkan artikel hasil kajian teori dan hasil penelitian dibidang pendidikan dan pembelajaran pada satuan pendidikan sekolah dasar, satuan ...