Tata tertib sekolah berfungsi sebagai panduan bagi peserta didik dalam bertingkah laku sesuai dengan norma dan nilai yang berlaku. Namun, penerapannya dalam meningkatkan karakter disiplin masih dipertanyakan dan perlu dikaji lebih mendalam. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana tata tertib yang diterapkan di sekolah dalam membantu meningkatkan karakter disiplin peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di SD Bangunsari yang berlokasi di Jalan Lodan 3A Kelurahan Bandarharjo Kecamatan Semarang Utara Kota Semarang Provinsi Jawa Tengah. Subjek penelitian terdiri dari kepala sekolah, wali kelas, dan peserta didik kelas 6. Data dikumpulkan melalui beberapa teknik, yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian data yang diperoleh dianalisis melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan penerapan tata tertib sekolah cukup berjalan dengan baik dalam meningkatkan karakter disiplin peserta didik. Tata tertib yang mencakup kedisiplinan waktu, kerapihan, sikap, dan tanggung jawab dalam pembelajaran sudah diterapkan oleh mayoritas peserta didik yang bisa dilihat dari kebiasaan positif seperti datang ke sekolah tepat waktu, berpakaian rapi, dan menjaga ketertiban di kelas. Meski ada kendala dari pengaruh negatif teman sebaya, sekolah mengatasinya dengan pendekatan personal dengan pemberi pengaruh negatif, kerja sama orang tua, dan sanksi edukatif. Secara keseluruhan, tata tertib sekolah membanttu meningkatkan karakter disiplin peserta didik yang mana keberhasilannya bergantung pada kolaborasi semua pihak.
Copyrights © 2025