JagoMIPA: Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA
Vol. 5 No. 2 (2025): JagoMIPA: Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA

SORATICS (Soreng Ratio Mathematics): E-Modul Berbasis Etnomatematika Tari Soreng dengan Pendekatan Gaya Belajar VARK

Sofia Ika Rahmawati (Universitas Muhammadiyah Semarang)
Abdul Aziz (Universitas Muhammadiyah Semarang)
Martyana Prihaswati (Universitas Muhammadiyah Semarang)



Article Info

Publish Date
03 Jun 2025

Abstract

Media pembelajaran berfungsi sebagai jembatan antara guru dan siswa, memfasilitasi proses pembelajaran dan pemahaman siswa terhadap materi yang disampaikan oleh guru. Media digital menjadi salah satu pilihan terbaik di era society 5.0 ini. Penggunaan e-modul dapat memfasilitasi terjadinya pembelajaran yang efektif dan peningkatan kualitas media pembelajaran sesuai dengan perkembangan teknologi saat ini. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk merancang desain e-modul berbasis etnomatematika Tari Soreng dengan pendekatan gaya belajar model VARK. Perancangan e-modul ini menggunakan jenis penelitian Research and Development (R&D) dan paradigma pengembangan 4D, yang menekankan tahap pendefinisian, perancangan, dan pengembangan. Data dikumpulkan melalui observasi, dokumentasi, serta validasi media oleh ahli media dan ahli materi. Berdasarkan evaluasi ahli, desain e-modul matematika yang memadukan kesenian Tari Soreng dengan pendekatan gaya belajar memperoleh nilai rata-rata 3,7 dari ahli media dan 3,8 dari ahli materi dengan kategori sangat valid. E-Modul ini mendapat penilaian sangat valid dan skor rata-rata 3,75 secara keseluruhan. Hal ini menunjukkan bahwa e-modul SORATICS dapat diujicobakan pada pembelajaran matematika siswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jagomipa

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Chemistry Education Mathematics Physics

Description

JagoMIPA: Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA memiliki e-ISSN: 2797-6467 dan p-ISSN: 2797-6475, menerbitkan jurnal hasil kajian teori dan penelitian pada pendidikan matematika dan IPA, baik hasil kajian dan penelitian pendidikan secara umum maupun hasil kajian dan penelitian pembelajaran dalam ...