Media pembelajaran berfungsi sebagai jembatan antara guru dan siswa, memfasilitasi proses pembelajaran dan pemahaman siswa terhadap materi yang disampaikan oleh guru. Media digital menjadi salah satu pilihan terbaik di era society 5.0 ini. Penggunaan e-modul dapat memfasilitasi terjadinya pembelajaran yang efektif dan peningkatan kualitas media pembelajaran sesuai dengan perkembangan teknologi saat ini. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk merancang desain e-modul berbasis etnomatematika Tari Soreng dengan pendekatan gaya belajar model VARK. Perancangan e-modul ini menggunakan jenis penelitian Research and Development (R&D) dan paradigma pengembangan 4D, yang menekankan tahap pendefinisian, perancangan, dan pengembangan. Data dikumpulkan melalui observasi, dokumentasi, serta validasi media oleh ahli media dan ahli materi. Berdasarkan evaluasi ahli, desain e-modul matematika yang memadukan kesenian Tari Soreng dengan pendekatan gaya belajar memperoleh nilai rata-rata 3,7 dari ahli media dan 3,8 dari ahli materi dengan kategori sangat valid. E-Modul ini mendapat penilaian sangat valid dan skor rata-rata 3,75 secara keseluruhan. Hal ini menunjukkan bahwa e-modul SORATICS dapat diujicobakan pada pembelajaran matematika siswa.
Copyrights © 2025