Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan sejauh mana efektifitas pengunaan model pembelajaran Discocvery Learning yang dipadukan dengan media Facebook Messenger dalam meningkatkan kemampuan komunikasi matematis serta kemampuan berpikir kritis siswa SMP. Latar belakang penelitian ini adalah masih rendahnya kemampuan siswa dalam menyampaikan ide-ide matematis secara jelas dan berpikir kritis saat menghadapi persoalan, diperparah oleh kondisi geografis sekolah yang cukup menantang. Discovery Learning dipilih karena berbasis konstruktivisme yang mendorong keaktifan siswa, sedangkan Facebook Messenger digunakan sebagai media pendukung interaktif khususnya di luar jam pelajaran tatap muka. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode kuasi eksperimen, dan desain pretest-posttest kelompok kontrol. Responden terdiri atas 58 siswa kelas IX MTsN 4 Flores Timur yang dibagi menjadi tiga kelompok: kelas eksperimen 1 (Discovery Learning + Facebook Messenger), kelas eksperimen 2 (Discovery Learning tanpa media), dan kelas kontrol (pembelajaran ekspositori). Instrumen berupa tes kemampuan komunikasi matematis dan berpikir kritis. Analisis data dilakukan dengan uji ANOVA satu jalur, uji post-hoc Tukey, dan ANOVA berpasangan. Temuan penelitian mengindikasikan bahwa pengunaan Discovery Learning berbantuan Facebook Messenger secara signifikan mampu meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa dibandingkan dua kelompok lainnya (p<0,05). Peningkatan juga terjadi pada kemampuan berpikir kritis meskipun tingkat peningkatannya tidak melampaui peningkatan komunikasi matematis. Respon siswa dan guru terhadap penggunaan Facebook Messenger sangat positif. Disimpulkan bahwa integrasi Discovery Learning dengan media sosial mampu meningkatkan kualitas pembelajaran matematika dan menjadi solusi alternatif atas keterbatasan geografis dan infrastruktur.
Copyrights © 2025