Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI)
Vol. 5 No. 2 (2025): Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 2025 (2)

Konsep Pendidikan Karakter Ki Hadjar Dewantara dalam Implementasi P5RA pada Madrasah Ibtidaiyah di Kabupaten Bone

Herpiana. Ap, A. (Unknown)
Halidin, Ali (Unknown)
Mujahidin, Mujahidin (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 May 2025

Abstract

Penelitian ini merupakan studi lapangan yang bertujuan untuk mengkaji implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Rahmatan lil Alamin (P5RA) di Madrasah Ibtidaiyah yang telah menerapkan Kurikulum Merdeka di Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, data dikumpulkan melalui wawancara langsung terhadap pihak-pihak terkait yakni koordinator P5RA di MIN 2 Bone, MIN 8 Bone, dan MI Pondok Pesantren Modern Bone. Fokus penelitian ini adalah pada penerapan konsep pendidikan karakter Ki Hadjar Dewantara dalam konteks P5RA, dengan menggunakan pendekatan paedagogik dan pendekatan studi Islam dan dengan menggunakan data primer dan data sekunder. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi nilai-nilai karakter dalam P5RA telah dilakukan secara efektif, mencerminkan prinsip-prinsip pendidikan Ki Hadjar Dewantara dalam membentuk karakter peserta didik yang berakhlak mulia dan toleran. Penelitian ini memberikan kontribusi terhadap pemahaman tentang implementasi pendidikan karakter dalam kurikulum madrasah serta menawarkan rekomendasi untuk pengembangan lebih lanjut.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jppi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI) dengan p-ISSN: 2797-2879 dan e-ISSN: 2797-2860 merupakan jurnal pendidikan dan pembelajaran yang menerbitkan artikel hasil kajian teori dan hasil penelitian dibidang pendidikan dan pembelajaran pada satuan pendidikan sekolah dasar, satuan ...