Permasalahan dalam penelitian ini adalah kurang pemahaman mahasiswa terhadap sejarah lokal maupun kearifan lokal masyarakat Bima Dompu, terjadinya akulturasi budaya dalam hal ini budaya teknologi mempeengaruhi pola pikir dan tingkah laku masyarakat sehingga perlu adanya penanaman kesadaran melalui pengenalan dan pelestarian tradisi lokal. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan buku ajar sejarh lokal Bima Dompu berbasis mpa’a gantao untuk meningkatkan berpikir kriitis mahasiswa. Metode penelitian yang digunakan adalah pengembangan yang mengacu pada model ADDIE. Hasil penelitian bahwa pengembangan buku ajar sejarah lokal berbasis mpa’a gantao untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa sebesar 83,2 % dengan kategori sangat valid disesuaikan dengan tabel kriteria kevalidan media pembelajaran. Dan tingkat kepraktisan buku ajar ini berada pada kategori sangat praktis yaitu sebesar 92%. Sedangkan tingkat keefektifan buku ajar sejarah lokal berbasis mpa’a gantao berdasarkan analisis deskriptif berada pada kategori sangat efektif yaitu sebesar 90%. Dan berdasarkan reabilitas tes untuk mengukur kemampuan berpikir kritis mahasiswa termasuk dalam kategori tinggi terbukti dengan soal yang diberikan dianalisis secara mendalam, evaluasi, informasi, dan pemecahan masalah yang dilakukan dengan baik sesuai tingkat kesulitan berdasarkan taksinomi bloom. Berdasarkan kriteria ketuntasan hasil belajar mahasiswa secara individual mencapai 28 mahasiswa atau 90% mahasiswa tuntas secara Individual.
Copyrights © 2025