DIKSI: Jurnal Kajian Pendidikan dan Sosial
Vol. 6 No. 2 (2025): Diksi: Jurnal Kajian Pendidikan dan Sosial

Penguatan Keterampilan Speaking Mahasiswa melalui Interaksi Autentik di Kawasan Wisata Pantai Lakey

Wahyuddin Wahyuddin (STKIP Al-Amin Dompu)
Syarifudin Syarifudin (STKIP Taman Siswa Bima)



Article Info

Publish Date
17 Jun 2025

Abstract

Kemampuan berbicara (speaking) merupakan salah satu keterampilan esensial dalam penguasaan Bahasa Inggris, terutama di era global yang menuntut kompetensi komunikasi lintas budaya. Namun, pembelajaran speaking di perguruan tinggi sering kali terbatas pada praktik di dalam kelas dan belum sepenuhnya kontekstual. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh interaksi autentik dalam konteks wisata terhadap penguatan keterampilan speaking mahasiswa. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode studi lapangan yang dilakukan di kawasan wisata Pantai Lakey, Dompu, Nusa Tenggara Barat. Subjek penelitian adalah 63 mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris STKIP Al-Amin Dompu yang mengikuti kegiatan praktik lapangan bertema “English is Fun”. Data dikumpulkan melalui observasi partisipatif, wawancara semi-terstruktur, dan dokumentasi, kemudian dianalisis menggunakan model interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa interaksi langsung dengan wisatawan asing secara signifikan meningkatkan aspek fluency, pronunciation, grammar accuracy, dan performance mahasiswa. Berdasarkan klasifikasi kemampuan, 25 mahasiswa tergolong kategori tinggi, 20 sedang, dan 18 rendah. Selain itu, persepsi mahasiswa terhadap kegiatan ini sangat positif; mayoritas merasa lebih percaya diri, termotivasi, dan menganggap praktik ini lebih efektif dibandingkan pembelajaran di kelas. Kesimpulannya, pendekatan interaksi autentik di lokasi wisata terbukti efektif dalam meningkatkan keterampilan speaking mahasiswa dan layak diadopsi sebagai strategi pembelajaran kontekstual dalam pendidikan Bahasa Inggris di perguruan tinggi.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

diksi

Publisher

Subject

Humanities Education Environmental Science Social Sciences Other

Description

DIKSI: Jurnal Kajian Pendidikan dan Sosial dengan e-ISSN: 2809-3593 dan p-ISSN: 2809-3585 merupakan jurnal yang menerbitkan hasil penelitian dan pemikiran pada bidang pendidikan dan sosial kemasyarakatan. Kajian dibidang pendidikan antara lain, kebijakan-kebijakan pendidikan, implementasi pendidikan ...