DIKSI: Jurnal Kajian Pendidikan dan Sosial
Vol. 6 No. 2 (2025): Diksi: Jurnal Kajian Pendidikan dan Sosial

Strategi Pembelajaran Deep Learning dalam Mengembangkan Karakter Bernalar Kritis Berbasis Profil Pelajar Pancasila pada Siswa Kelas V SDN 1 Dompu

Nurlailah, Nurlailah (Unknown)
Julkifli, Julkifli (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi pembelajaran deep learning yang diterapkan oleh guru dalam mengembangkan karakter bernalar kritis berbasis Profil Pelajar Pancasila pada siswa kelas V di SDN 1 Dompu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru menerapkan strategi pembelajaran deep learning melalui model Problem-Based Learning (PBL), diskusi reflektif, dan penugasan proyek yang mendorong siswa berpikir kritis. Siswa menunjukkan perkembangan karakter bernalar kritis, seperti kemampuan mengemukakan pendapat, memberikan alasan, serta menganalisis situasi pembelajaran. Namun, implementasi strategi ini masih menghadapi beberapa kendala, seperti keterbatasan waktu, kurangnya sumber belajar kontekstual, serta belum adanya pelatihan khusus terkait integrasi dimensi Profil Pelajar Pancasila. Penelitian ini menegaskan pentingnya dukungan sistemik bagi guru agar strategi deep learning dapat berjalan secara optimal dan berkelanjutan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

diksi

Publisher

Subject

Humanities Education Environmental Science Social Sciences Other

Description

DIKSI: Jurnal Kajian Pendidikan dan Sosial dengan e-ISSN: 2809-3593 dan p-ISSN: 2809-3585 merupakan jurnal yang menerbitkan hasil penelitian dan pemikiran pada bidang pendidikan dan sosial kemasyarakatan. Kajian dibidang pendidikan antara lain, kebijakan-kebijakan pendidikan, implementasi pendidikan ...