Equilibrium: Jurnal Pendidikan
Vol 12, No 1 (2024): EQUILIBRIUM : JURNAL PENDIDIKAN

Islamic Religious Education as the Main Pillar to Improve Indicators of Religious Moderation

Ikhsan Rifai (Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga)
Nurhaliza . (Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga)



Article Info

Publish Date
05 Jan 2024

Abstract

Terdapat kasus intoleransi dan rendahnya tingkat moderasi beragama di kalangan pelajar. Hal ini merupakan implikasi dari keberagaman masyarakat Indonesia yang plural dan beragam. Kasus-kasus tersebut perlu dihindari dengan memperkuat peran Pendidikan Agama Islam untuk meningkatkan indikator pemahaman moderasi beragama. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kepustakaan. Penelitian ini bertujuan untuk i) Bagaimana Pendidikan Agama Islam dapat menjadi landasan utama pengembangan empat pilar moderasi beragama?, (ii) Sejauh mana kurikulum Pendidikan Agama Islam dapat diterapkan sebagai sarana untuk mendorong peningkatan keberagamaan. indikator moderasi?, (iii) Bagaimana peran guru PAI dalam mengajarkan pemahaman moderasi beragama kepada siswa?. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pendidikan Agama Islam dapat meningkatkan indikator pemahaman moderasi beragama dengan cara (i) internalisasi nilai-nilai Pendidikan Agama Islam, (ii) partisipasi aktif guru Pendidikan Agama Islam, dan (iii) kurikulum berbasis moderasi beragama.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

equilibrium

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Library & Information Science Social Sciences Other

Description

Equilibrium: Jurnal Pendidikan dengan ISSN Cetak: 2339-2401 dan ISSN Online: 2477-0221 merupakan jurnal peer-review untuk publikasi artikel ilmiah di bidang pendidikan dan sosiologi, merupakan jurnal akses terbuka yang bertujuan untuk menyediakan forum untuk para peneliti, dosen, guru, praktisi, dan ...