JAKADARA: JURNAL EKONOMIKA, BISNIS, DAN HUMANIORA
Vol. 4 No. 1 (2025): JAKADARA: JURNAL EKONOMI, BISNIS, DAN HUMANIORA

Strategi Pengembangan Daya Tarik Wisata Agrowisata Ceking Rice Terrace di Desa Tegallalang, Kabupaten Gianyar

Rahmawati, Febronia (Unknown)
Utama, I Gusti Bagus Rai (Unknown)
Waruwu, Dermawan (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2025

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui strategi pengembangan daya tarik wisata agrowisata (Studi kasus: Ceking Rice Terrace Desa Tegallalang, Kabupaten Gianyar, Bali). Penelitian ini menggunakan analisis SWOT dengan melibatkan 4 informan dan 9 responden kemudian mengumpulkan data dengan teknik observasi, wawancara, dokumentasi, dan kuesioner. Teknik analisis data dalam penelitian ini secara deskriptif dan dianalisis strategi pengembangan dengan menggunakan pendekatan SWOT. Berdasarkan internal-eksternal matriks, maka pada posisi Agrowisata Ceking Rice Terrace memiliki nilai total skor strategi internal sebesar 3,36 dan total skor strategi eksternal sebesar 2,48 berada pada kuadran I pada posisi pertumbuhan, sehingga memerlukan strategi pengembangan yang tepat guna meningkatkan kunjungan wisatawan ke Agrowisata Ceking Rice Terrace dalam kuadran I pertumbuhan. Matriks SWOT menghasilkan empat sel alternatif strategis yang dapat diidentifikasi melalui kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman. Sehingga dapat diambil kesimpulan oleh pengembangan Agrowisata Ceking Rice Terrace mengenai strategi yang digunakan dalam proses pengembangan serta mengantisipasi kendala yang akan dialami.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jakadara

Publisher

Subject

Arts Humanities Decision Sciences, Operations Research & Management Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Jurnal Ekonomika, Bisnis, dan Humaniora (JAKADARA) adalah jurnal nasional yang diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Dhyana Pura, Bali. Jakadara merupakan jurnal yang terbuka untuk umum dan ditinjau oleh pihak terkait yang merupakan media diseminasi hasil ...