Abdiformatika: Jurnal Pengabdian Masyarakat Informatika
Vol. 5 No. 1 (2025): Mei 2025 - Abdiformatika: Jurnal Pengabdian Masyarakat Informatika

Peningkatan Kemampuan Mengenal Huruf Hijayah Menggunakan Teknologi AR di TPA Darul Ilmi

Sugiarti, Sugiarti (Unknown)
Irawati, Irawati (Unknown)
Atmajaya, Dedy (Unknown)
Hayati, Lilis Nur (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 May 2025

Abstract

TPA Darul Ilmi, sebuah lembaga pendidikan nonformal yang berfokus pada pengajaran Al-Qur'an untuk anak-anak, menghadapi tantangan rendahnya minat dan perhatian dalam mempelajari huruf hijaiyah. Untuk mengatasi masalah ini, tim pengabdian masyarakat dari Universitas Muslim Indonesia menerapkan teknologi Augmented Reality (AR) sebagai solusi inovatif untuk membuat proses pembelajaran lebih interaktif dan menarik. Kegiatan ini dilakukan melalui beberapa tahap, yaitu persiapan dan perencanaan, sosialisasi dan pelatihan, implementasi, evaluasi, serta pemantauan. Hasilnya menunjukkan bahwa penggunaan aplikasi AR berhasil meningkatkan minat belajar anak-anak. Mereka lebih antusias dan tertarik mempelajari huruf hijaiyah dibandingkan metode konvensional. Interaksi yang lebih dinamis dengan konten pembelajaran membantu menjaga perhatian anak-anak dan memudahkan pengajar dalam menyampaikan materi. Secara keseluruhan, kegiatan ini memberikan dampak positif dengan memperkenalkan pendekatan teknologi modern dalam mendukung pembelajaran dasar Al-Qur'an, khususnya huruf hijaiyah, di TPA Darul Ilmi.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

home

Publisher

Subject

Computer Science & IT Electrical & Electronics Engineering

Description

Abdiformatika: Jurnal Pengabdian Masyarakat Informatika (E-ISSN: 2777-0672) merupakan jurnal hasil Pengabdian Kepada Masyarakat dibidang Teknologi, Science, dan Informatika dengan persyaratan artikel tidak dan belum pernah dipublikasikan secara online atau versi cetak sebelumnya. Abdiformatika: ...