Penerapan metode Group Investigation pada proses pembelajaranMatematika di SMAN 2 Bangkalan, kelas X-MIA.6 dengan 32 orangsiswa. Metode Penelitian adalah Action Research. Analisis hasil dariproses pembelajaran direfleksikan pada proses pembelajaranberikutnya. Indikator keberhasilan ditinjau dari jumlah keaktifan siswadengan metode ini antara lain: jumlah pertanyaan, jumlah komentarsiswa, jumlah mencatat, jumlah yang menjawab. Pada Pertemuan I(2X45 menit) nampak sedikit keaktifan siswa. Hal ini ditunjukkanoleh jumlah pertanyaan siswa 14 (40%), siswa komentar 6 (17,10%),siswa yang menjawab 8 (25,70%), siswa yang mencatat 32 (100%).Pada Pertemuan II (2X45 menit) sudah nampak ada peningkatankeaktifan siswa. Hal ini ditunjukkan oleh jumlah pertanyaan siswa 38(108,58%), siswa berkomentar 20 (57,14%), siswa yang menjawab 18(51,43%), siswa yang mencatat 32 (100%). Pada Pertemuan II seluruhindikator menunjukkan peningkatan keaktifan siswa. Dengandemikian metode group investigasi dapat diterapkan.
Copyrights © 2016