APOTEMA : Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika
Vol 2 No 2 (2016): Apotema: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika

PENINGKATAN AKTIFITAS SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA POKOK BAHASAN GEOMETRI BIDANG DATAR MELALUI PENERAPAN METODE GROUP

Rachman, Abdur (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Jul 2016

Abstract

Penerapan metode Group Investigation pada proses pembelajaranMatematika di SMAN 2 Bangkalan, kelas X-MIA.6 dengan 32 orangsiswa. Metode Penelitian adalah Action Research. Analisis hasil dariproses pembelajaran direfleksikan pada proses pembelajaranberikutnya. Indikator keberhasilan ditinjau dari jumlah keaktifan siswadengan metode ini antara lain: jumlah pertanyaan, jumlah komentarsiswa, jumlah mencatat, jumlah yang menjawab. Pada Pertemuan I(2X45 menit) nampak sedikit keaktifan siswa. Hal ini ditunjukkanoleh jumlah pertanyaan siswa 14 (40%), siswa komentar 6 (17,10%),siswa yang menjawab 8 (25,70%), siswa yang mencatat 32 (100%).Pada Pertemuan II (2X45 menit) sudah nampak ada peningkatankeaktifan siswa. Hal ini ditunjukkan oleh jumlah pertanyaan siswa 38(108,58%), siswa berkomentar 20 (57,14%), siswa yang menjawab 18(51,43%), siswa yang mencatat 32 (100%). Pada Pertemuan II seluruhindikator menunjukkan peningkatan keaktifan siswa. Dengandemikian metode group investigasi dapat diterapkan.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

APM

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

JURNAL APOTEMA, p-ISSN: 2407-8840, e-ISSN: 2580-9253 adalah wadah informasi berisi artikel-artikel ilmiah yang berupa hasil penelitian, studi kepustakaan, gagasan, aplikasi teori, kajian analisis kritis, dan kajian ke-Islaman dibidang keilmuan Pendidikan Matematika. Jurnal APOTEMA ini terbit 2 kali ...