APOTEMA : Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika
Vol 3 No 2 (2017): Apotema: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika

Proses Kognitif Mahasiswa Berkemampuan Tinggi Dengan Gaya Kognitif Field Independent Dalam Membuktikan Grup

listiawati, enny (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jul 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses kognitif mahasiswa yang berkemampuan matematika tinggi dalam membuktikan grup ditinjau dari gaya kognitif field independen. Subjek penelitian ini adalah 1 mahasiswa calon guru program studi pendidikan matematika yang berkemampuan tinggi dengan gaya kognitif field independent. Adapun jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, sedangkan metode pengumpulan data yang digunakan adalah dengan metode tes dan wawancara terhadap subjek penelitian. Hasil penelitian ini adalah subjek dengan gaya kognitif Field Independent  dalam proses kognitif rememberring mengingat tentang grup, sifat-sifat grup dan grup abelian. Dalam proses kognitif understanding subjek menjelaskan definisi grup lengkap dengan himpunan dan operasi binernya serta menyebutkan beberapa contoh operasi biner. Pada komponen proses kognitif applying subjek menjelaskan langkah membuktikan grup abelian  setiap langkap dengan rinci dan detail mulai dari sifat tertutup, assosiatif, elemen identitas, invers, komutatif.   Kata Kunci : Proses Kognitif, Grup, Gaya Kognitif Field Indpendent

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

APM

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

JURNAL APOTEMA, p-ISSN: 2407-8840, e-ISSN: 2580-9253 adalah wadah informasi berisi artikel-artikel ilmiah yang berupa hasil penelitian, studi kepustakaan, gagasan, aplikasi teori, kajian analisis kritis, dan kajian ke-Islaman dibidang keilmuan Pendidikan Matematika. Jurnal APOTEMA ini terbit 2 kali ...