APOTEMA : Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika
Vol 1 No 1 (2015): Apotema: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika

KOMUNIKASI MATEMATIKA TERTULIS DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA

Maarif, Safiil (Unknown)
Nurmilah, Rifa (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Jul 2017

Abstract

Masalah yang dibahas penelitian ini adalah rendahnya kemampuan komunikasi matematika siswa di MI. Fakta ini menjadi permasalahan penelitian karena secara teoritis menurut A. J. Baroody pembelajaran harus dapat membantu siswa mengkomunikasikan ide matematis. Tujuan penelitiannya mendeskripsikan profil komunikasi matematika tertulis siswa dengan gaya belajar siswa dalam menyelesaikan masalah matematika. Metode penelitiannya adalah deskriptif yang dilakukan pada siswa V MI Al-Hikmah Janti Jogoroto Jombang. Instrument peneltiannya adalah peneliti, tes, dan wawancara. Menurut data penelitian menunjukkan bahwa siswa bergaya belajar visual, auditori, dan kinestetik akurat dan lengkap dalam menuliskan hal-hal yang relevan dengan masalah, akurat dan lengkap dalam menuliskan rumus yang digunakan untuk menyelesaikan masalah, akurat dan lengkap dalam menuliskan langkah-langkah perhitungan dalam menyelesaikan masalah.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

APM

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

JURNAL APOTEMA, p-ISSN: 2407-8840, e-ISSN: 2580-9253 adalah wadah informasi berisi artikel-artikel ilmiah yang berupa hasil penelitian, studi kepustakaan, gagasan, aplikasi teori, kajian analisis kritis, dan kajian ke-Islaman dibidang keilmuan Pendidikan Matematika. Jurnal APOTEMA ini terbit 2 kali ...