Jurnal Intelek Insan Cendikia
Vol. 2 No. 5 (2025): MEI 2025

PENGARUH METODE PEMBELAJARAN BERBASIS STATISTIK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA: ANALISIS LIBRARY RESEARCH

Amanda Kuslaina (Unknown)
Bintang Zahrani (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 May 2025

Abstract

Kemampuan literasi statistik di Indonesia masih rendah, yang berdampak pada kesulitan siswa dalam memahami dan menerapkan konsep statistika. Pembelajaran konvensional yang berfokus pada teori sering kali kurang efektif dalam meningkatkan hasil belajar. Oleh karena itu, metode pembelajaran berbasis data statistik mulai diterapkan, termasuk penggunaan perangkat lunak analisis data, model Problem Based Learning (PBL), serta media pembelajaran berbasis Android. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi pustaka untuk menganalisis efektivitas berbagai metode pembelajaran tersebut dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap statistika. Hasil temuan menunjukkan bahwa metode berbasis teknologi dan strategi pembelajaran aktif mampu meningkatkan hasil belajar secara signifikan. Namun, tantangan dalam penerapan seperti keterbatasan akses teknologi dan kesiapan guru masih menjadi kendala. Oleh karena itu, diperlukan strategi implementasi yang lebih komprehensif untuk memastikan keberhasilan metode ini dalam sistem pendidikan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jiic

Publisher

Subject

Religion Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Jurnal Intelek Insan Cendikia (JIIC) adalah jurnal MULTI DISIPLIN ILMU. Jurnal ini menerima artikel ilmiah dari seluruh bidang ilmu, seperti : keagamaan, pendidikan, ekonomi, sosial, kesehatan, hukum, manajemen, dan seluruh bidang keilmuan ...