APOTEMA : Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika
Vol 2 No 2 (2016): Apotema: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VI SDN 1 TATURA PADA MATERI OPERASI HITUNG PECAHAN MELALUI METODE KERJA KELOMPOK

Arlina, Arlina (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Jul 2017

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman siswapada topik penjumlahan dan pengurangan pecahan melalui metode kerjakelompok. Selama ini siswa hanya dilatih dalam menyelesaikan soalsoalsecara individual dan hampir tidak pernah diberikan kesempatankepada siswa mengerjakannya dengan kelompok. Hal ini berakibatrendahnya pemahaman siswa pada topik penjumlahan dan penguranganpecahan. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk menerapkan metodekerja kelompok pada topik penjumlahan dan pengurangan pecahan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa tes akhir tindakan siklus Iyang diikuti sebanyak 18 siswa, hanya 10 siswa yang tuntas atau55,56% memperoleh nilai ≥ 65, sedangkan yang belum tuntas ada 8siswa yang mendapat nilai  65. hasil tes akhir tindakan siklus Ibelum sesuai dengan kriteria yang ditetapkan (80% siswamemperoleh nilai ≥ 65). Berbagai kekurangan pada tindakan siklusI, selanjutnya diadakan penyempurnaan dan perbaikan padatindakan siklus II. Ternyata hasil tindakan siklus II menunjukkanbahwa dari 18 siswa yang mengikuti tes terdapat 16 siswa yangtuntas belajar atau 88,89% yang mendapat nilai ≥ 65, sedangkanhanya 2 siswa yang belum tuntas mendapat nilai  65 Keberhasilantindakan siklus II ini ditunjang dengan hasil pengamatan aktivitasguru dan siswa sesuai indikator kinerja yang mendapat kategori‖sangat baik‖. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwapenerapan metode kerja kelompok pada pembelajaran topikpenjumlahan dan pengurangan pecahan ternyata dapatmeningkatkan pemahaman siswa kelas VI SDN 1 Tatura. Ini berartibahwa hipotesis penelitian diterima, yaitu: ‖jika menggunakanmetode kerja kelompok pada pembelajaran topik penjumlahan danpengurangan pecahan, maka pemahaman siswa dapat ditingkatkan‖.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

APM

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

JURNAL APOTEMA, p-ISSN: 2407-8840, e-ISSN: 2580-9253 adalah wadah informasi berisi artikel-artikel ilmiah yang berupa hasil penelitian, studi kepustakaan, gagasan, aplikasi teori, kajian analisis kritis, dan kajian ke-Islaman dibidang keilmuan Pendidikan Matematika. Jurnal APOTEMA ini terbit 2 kali ...