Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman siswapada topik penjumlahan dan pengurangan pecahan melalui metode kerjakelompok. Selama ini siswa hanya dilatih dalam menyelesaikan soalsoalsecara individual dan hampir tidak pernah diberikan kesempatankepada siswa mengerjakannya dengan kelompok. Hal ini berakibatrendahnya pemahaman siswa pada topik penjumlahan dan penguranganpecahan. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk menerapkan metodekerja kelompok pada topik penjumlahan dan pengurangan pecahan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa tes akhir tindakan siklus Iyang diikuti sebanyak 18 siswa, hanya 10 siswa yang tuntas atau55,56% memperoleh nilai ⥠65, sedangkan yang belum tuntas ada 8siswa yang mendapat nilai ï£ 65. hasil tes akhir tindakan siklus Ibelum sesuai dengan kriteria yang ditetapkan (80% siswamemperoleh nilai ⥠65). Berbagai kekurangan pada tindakan siklusI, selanjutnya diadakan penyempurnaan dan perbaikan padatindakan siklus II. Ternyata hasil tindakan siklus II menunjukkanbahwa dari 18 siswa yang mengikuti tes terdapat 16 siswa yangtuntas belajar atau 88,89% yang mendapat nilai ⥠65, sedangkanhanya 2 siswa yang belum tuntas mendapat nilai ï£ 65 Keberhasilantindakan siklus II ini ditunjang dengan hasil pengamatan aktivitasguru dan siswa sesuai indikator kinerja yang mendapat kategoriâsangat baikâ. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwapenerapan metode kerja kelompok pada pembelajaran topikpenjumlahan dan pengurangan pecahan ternyata dapatmeningkatkan pemahaman siswa kelas VI SDN 1 Tatura. Ini berartibahwa hipotesis penelitian diterima, yaitu: âjika menggunakanmetode kerja kelompok pada pembelajaran topik penjumlahan danpengurangan pecahan, maka pemahaman siswa dapat ditingkatkanâ.
Copyrights © 2016