APOTEMA : Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika
Vol 2 No 2 (2016): Apotema: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika

PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATI TIPE TALKING STICK (TONGKAT BERBICARA) DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP PRESTASI BELAJAR

Munifah, Munifah (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Jul 2016

Abstract

Model pembelajaran Talking Stick merupakan suatu modelpembelajaran yang menggunakan alat yaitu tongkat, apabila tongkat dipegang salah satu dari anggota dari suatu kelompok maka kelompoktersebut harus menjawab pertanyaan dari guru. Model pembelajarankooperatif tipe Jigsaw merupakan model pembelajaran kooperatif yangmembentuk kelompok heterogen dengan 2 tim yaitu tim asal dan timahli. Dengan belajar secara kooperatif, diharapkan prestasi belajar siswadapat meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuibagaimanakah perbandingan model pembelajaran kooperatif tipeTalking Stick dengan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsawterhadap prestasi belajar siswa kelas VII SMPN 07 Bangkalan padamateri pecahan. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan datakuantitatif, sedangkan populasi dalam penelitian ini adalah seluruhsiswa kelas VII SMPN 07 Bangkalan. Sebagai sampel terpilih kelasVII-A dan VII-B dengan ketentuan bahwa kelas VII-A sebagai kelaseksperimen (model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick)sedangkan kelas VII-B sebagai kelas kontrol (model pembelajarankooperatif tipe Jigsaw). Metode pengumpulan data yang digunakanadalah dengan metode tes. Dari hasil data yang diperoleh dan dianalisisdiketahui bahwa kedua sampel berasal dari kelas berdistribusi normaldengan varians homogen. Selanjutnya dengan uji-t diperoleh nilai thitung= 0,352 dan t1-α = 1,684 sehingga thitung t1-α sehingga dapatdisimpulkan prestasi belajar siswa pada kelas model pembelajarankooperatif tipe Talking Stick lebih baik dari pada kelas modelpembelajaran kooperatif tipe Jigsaw.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

APM

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

JURNAL APOTEMA, p-ISSN: 2407-8840, e-ISSN: 2580-9253 adalah wadah informasi berisi artikel-artikel ilmiah yang berupa hasil penelitian, studi kepustakaan, gagasan, aplikasi teori, kajian analisis kritis, dan kajian ke-Islaman dibidang keilmuan Pendidikan Matematika. Jurnal APOTEMA ini terbit 2 kali ...