APOTEMA : Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika
Vol 1 No 1 (2015): Apotema: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika

REPRESENTASI VISUAL DALAM MENYELESAIKAN MASALAH KONTEKSTUAL

Utomo, Edy Setiyo (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Jul 2015

Abstract

Fokus penelitian ini pada perbedaan kemampuan matematika antarsiswa dalam bidang pengenalan ruang (visual-spasial) dan kemampuan verbal (data penelitian E. E. Maccoby dan C. N. Jacklin, 1974). Temuan ini menjadi permasalahan tersendiri karena menurut konsep teoritis NCTM tujuan pembelajaran matematika untuk mengembangkan kemampuan komunikasi, penalaran, pemecahan masalah, koneksi, dan representasi matematis. Tujuan penelitiannya mendeskripsikan profil representasi siswa SMP dalam menyelesaikan masalah kontekstual matematika. Metode penelitan yang digunakan deskriptif-kualitatif. Menurut data penelitian ini memperlihatkan bahwa siswa berkemampuan tinggi memiliki representasi kognitif yang kompleks berbeda dengan siswa yang memiliki kemampuan sedang dan rendah yang memiliki representasi kognitif lebih sederhana.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

APM

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

JURNAL APOTEMA, p-ISSN: 2407-8840, e-ISSN: 2580-9253 adalah wadah informasi berisi artikel-artikel ilmiah yang berupa hasil penelitian, studi kepustakaan, gagasan, aplikasi teori, kajian analisis kritis, dan kajian ke-Islaman dibidang keilmuan Pendidikan Matematika. Jurnal APOTEMA ini terbit 2 kali ...