APOTEMA : Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika
Vol 1 No 2 (2015): Apotema: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT DENGAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI KELAS VIII SMPN 3 KAMAL

Komariyah, Lailatul (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Jul 2015

Abstract

Tujuan penelitian ini menguji pengaruh model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) dengan pendekatan Konstruktivisme pada prestasi belajar siswa kelas VIIIC SMPN 3 Kamal pada materi balok. Hasil penelitian yang diperoleh dengan uji normalitas bahwa sampel berasal dari populasi berdistribusi normal, dengan uji homogenitas yaitu sampel berasal dari populasi yang memiliki varians yang homogen. Dengan uji reliabilitas dapat dinyatakan tes hasil belajar memiliki reliabilitas yang sangat tinggi. Sedangkan menggunakan uji validitas bahwa terdapat korelasi positif yang signifikan. Dengan menggunakan uji hipotesis dari hasil = 0,05 > atau 20,06 > 2,064 sehingga Ho ditolak dan diterima, artinya ada pengaruh positif terhadap prestasi belajar matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) dengan pendekatan Konstruktivisme pada materi balok di kelas VIII SMPN 3 Kamal.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

APM

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

JURNAL APOTEMA, p-ISSN: 2407-8840, e-ISSN: 2580-9253 adalah wadah informasi berisi artikel-artikel ilmiah yang berupa hasil penelitian, studi kepustakaan, gagasan, aplikasi teori, kajian analisis kritis, dan kajian ke-Islaman dibidang keilmuan Pendidikan Matematika. Jurnal APOTEMA ini terbit 2 kali ...