Masalah utama yang dihadapi dalam pengajaran keterampilan membaca adalah bahwa proses pembelajaran terbatas pada metode ceramah dan cenderung monoton, sehingga membuat proses belajar kurang menarik dan interaktif. Hal ini menyebabkan siswa kesulitan mengenal huruf, membaca kata, serta memahami kalimat dengan baik. Untuk mengatasi hal tersebut, peneliti mengembangkan buku latihan membaca bergambar yang dirancang agar pembelajaran menjadi lebih menarik dan interaktif. Penelitian ini bertujuan merancang buku latihan membaca sekaligus mengkaji efektivitasnya dalam mengatasi kesulitan membaca siswa di MTs Muhammadiyah 1 Ciputat. Dengan menggunakan model pengembangan 4D (Define, Design, Develop, Disseminate) dari Thiagarajan, buku ini disusun secara sistematis mulai dari materi yang mudah hingga yang lebih sulit, dilengkapi dengan ilustrasi menarik untuk meningkatkan motivasi belajar. Buku ini juga memuat latihan membaca jahriah (nyaring) agar siswa dapat melafalkan bahasa Arab dengan benar. Hasil uji coba menunjukkan respons positif dari guru dan siswa. Guru menilai buku ini efektif membantu pemahaman teks, dan siswa merasa lebih termotivasi berkat dukungan gambar. Data pre-test dan post-test juga mengindikasikan peningkatan signifikan dalam keterampilan membaca siswa, terutama dalam pengenalan huruf, kelancaran membaca, dan pemahaman teks. Selain itu, kuesioner menegaskan buku ini memenuhi standar kualitas tinggi dalam hal kejelasan, desain, dan kemudahan penggunaan.
Copyrights © 2025