Jurnal Intelek Insan Cendikia
Vol. 2 No. 5 (2025): MEI 2025

PERAN GURU DALAM MENYUKSESKAN IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR

Silvia Hanani (Unknown)
Suci Mariyah Ramadhani (Unknown)
Rahmatul Okta Fiani (Unknown)
Merika Setiawati (Unknown)
Hendri Budi Utama (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 May 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bahwasannya peran strategis guru itu juga ada  dalam implementasi pelaksanaan Kurikulum pembelajaran mandiri atau Merdeka Belajar di sekolah dasar dan menengah.Nah,Dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif inilah maka, data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan studi dokumentasi terhadap guru-guru yang telah menerapkan kurikulum ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru memainkan peran penting sebagai perancang pembelajaran, fasilitator, pengembang profesionalisme, dan kolaborator. Meskipun menghadapi berbagai tantangan seperti keterbatasan pelatihan dan sarana prasarana, guru tetap berupaya secara inovatif untuk mengatasi kendala tersebut melalui pelatihan internal dan kolaborasi lintas mata pelajaran. Penelitian ini menyimpulkan bahwa keberhasilan Kurikulum Merdeka sangat bergantung pada kompetensi dan komitmen guru dalam menghadirkan pembelajaran yang bermakna dan kontekstual.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jiic

Publisher

Subject

Religion Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Jurnal Intelek Insan Cendikia (JIIC) adalah jurnal MULTI DISIPLIN ILMU. Jurnal ini menerima artikel ilmiah dari seluruh bidang ilmu, seperti : keagamaan, pendidikan, ekonomi, sosial, kesehatan, hukum, manajemen, dan seluruh bidang keilmuan ...