Jurnal Intelek Insan Cendikia
Vol. 2 No. 5 (2025): MEI 2025

Peran Strategis Guru Kelas dalam Merancang Evaluasi Pembelajaran yang Bermakna di Sekolah Dasar

Syahrial Syahrial (Unknown)
Septi Lusiana Hutabarat (Unknown)
Yohana Oktaferin Situmorang (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 May 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran strategis guru kelas dalam merancang evaluasi pembelajaran yang bermakna di sekolah dasar. Melalui pendekatan kualitatif dengan metode studi pustaka, penelitian ini menemukan bahwa banyak guru masih memahami evaluasi secara sempit, terbatas pada tes akhir semester yang berfokus pada aspek kognitif. Padahal, evaluasi yang bermakna harus mencakup aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik secara komprehensif, berkelanjutan, objektif, dan relevan dengan tujuan pembelajaran. Guru dituntut untuk mampu merancang instrumen evaluasi yang valid dan reliabel serta memanfaatkan hasil evaluasi sebagai dasar pengambilan keputusan pembelajaran yang lebih efektif. Dengan meningkatkan kompetensi guru dalam menyusun dan melaksanakan evaluasi, proses pembelajaran akan menjadi lebih terarah, adil, dan mendorong pengembangan potensi siswa secara maksimal.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jiic

Publisher

Subject

Religion Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Jurnal Intelek Insan Cendikia (JIIC) adalah jurnal MULTI DISIPLIN ILMU. Jurnal ini menerima artikel ilmiah dari seluruh bidang ilmu, seperti : keagamaan, pendidikan, ekonomi, sosial, kesehatan, hukum, manajemen, dan seluruh bidang keilmuan ...