Penelitian ini bertujuan untuk menelaah kontribusi kegiatan ekstrakurikuler dalam pembentukan kepribadian siswa pada institusi pendidikan Islam. Latar penelitian ini didasari oleh pentingnya pembentukan karakter siswa sebagai bagian integral dari tujuan pendidikan Islam yang tidak hanya menitikberatkan pada aspek intelektual, tetapi juga pada aspek emosional dan spiritual. Permasalahan yang diidentifikasi adalah kurang maksimalnya pemanfaatan kegiatan ekstrakurikuler sebagai sarana pembinaan karakter, padahal kegiatan tersebut berpotensi besar untuk menanamkan nilai-nilai seperti disiplin, tanggung jawab, kerjasama, serta nilai-nilai Islami. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan bagaimana kegiatan ekstrakurikuler dapat difungsikan sebagai media yang efektif dalam membentuk karakter siswa serta menggali peran guru dan strategi yang diterapkan dalam pengembangan kegiatan tersebut. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif melalui studi literatur dengan mengkaji berbagai jurnal akademik, buku, dan dokumen terkait. Temuan penelitian menunjukkan bahwa kegiatan ekstrakurikuler memegang peranan penting dalam pembentukan karakter siswa apabila dilaksanakan dengan terstruktur dan selaras dengan nilai-nilai Islam, serta didukung oleh peran aktif guru dan penerapan strategi yang tepat. Diharapkan hasil penelitian ini dapat menjadi referensi dalam pengembangan pendidikan karakter berbasis ekstrakurikuler di lembaga pendidikan Islam.
Copyrights © 2025