Jurnal Intelek Insan Cendikia
Vol. 2 No. 6 (2025): JUNI 2025

KENDALA DAN SOLUSI DALAM PELAKSANAAN EVALUASI PEMBELAJARAN BERBASIS KOMPETENSI DI SEKOLAH DASAR

Vitra Anugrah Lubis (Unknown)
Marsya Indri Yanda Tanjung (Unknown)
Humaira Putri (Unknown)
Syahrial Syahrial (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini menyelidiki kendala dan solusi yang dihadapi dalam pelaksanaan evaluasi pembelajaran berbasis kompetensi di sekolah dasar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru seringkali mengalami kesulitan dalam merancang instrumen evaluasi yang relevan dengan capaian kompetensi, keterbatasan waktu, serta kurangnya pemahaman tentang berbagai metode penilaian autentik. Selain itu, fasilitas pendukung seperti akses terhadap teknologi dan sumber daya yang memadai juga menjadi hambatan. Sebaliknya, sekolah yang memiliki dukungan administratif yang kuat, pelatihan guru yang berkelanjutan, dan kolaborasi antar guru cenderung menunjukkan pelaksanaan evaluasi yang lebih efektif. Tantangan ini menggarisbawahi pentingnya pengembangan kapasitas guru dalam asesmen, penyediaan sumber daya yang memadai, dan implementasi strategi penilaian yang beragam untuk memastikan evaluasi yang akurat dan komprehensif. Penelitian kualitatif ini menekankan peran penting kolaborasi sekolah, guru, dan pemangku kepentingan dalam meningkatkan kualitas evaluasi pembelajaran berbasis kompetensi.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jiic

Publisher

Subject

Religion Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Jurnal Intelek Insan Cendikia (JIIC) adalah jurnal MULTI DISIPLIN ILMU. Jurnal ini menerima artikel ilmiah dari seluruh bidang ilmu, seperti : keagamaan, pendidikan, ekonomi, sosial, kesehatan, hukum, manajemen, dan seluruh bidang keilmuan ...