Artikel ini adalah sebuah kajian teoritis mengenai signifikansi proses evaluasi pembelajaran. Evaluasi adalah aktivitas yang sangat penting untuk dilakukan oleh pengajar dalam proses pembelajaran. Melalui evaluasi, pendidik dapat mengasah kompetensinya dalam pengelolaan kelas, baik dalam memilih metode pembelajaran, media, bahan ajar, dan lain-lain yang mampu memotivasi siswa untuk belajar. Selain itu, melalui evaluasi pendidik, dapat diukur sejauh mana keberhasilan peserta didiknya. Oleh sebab itu, pendidik perlu melaksanakan kegiatan evaluasi dengan tepat. Namun, pada kenyataannya masih ada banyak pendidik yang belum melaksanakan proses evaluasi dengan baik, khususnya di sekolah dasar. Salah satu faktornya adalah minimnya pengetahuan yang dimiliki oleh pendidik mengenai evaluasi itu sendiri. Oleh karena itu, penting untuk memahami konsep, fungsi evaluasi, serta prosedur pelaksanaan evaluasi agar hasil evaluasi mampu mencerminkan kondisi sebenarnya dari peserta didik.
Copyrights © 2025