Jurnal Intelek Insan Cendikia
Vol. 2 No. 6 (2025): JUNI 2025

PENGGUNAAN MIND MAPPING DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB: A SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW

M Ilham Fahmi Roji (Unknown)
Suharyadi Suharyadi (Unknown)
Putri Aulia (Unknown)
Afifah Azkiyah (Unknown)
Miftahudin Miftahudin (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektifitas penerapan Teknik mind mapping dalam pembelajaran bahasa arab dengan menggunakan metode Systematic Literature Review (SLR). Teknik mind mapping dikenal sebagai pendekatan visual yang membantu siswa dalam mengorganisasi dan memahami pelajaran secara terstruktur, terutama dalam mempelajari aspek-aspek penting dalam bahasa arab seperti kosa kata, tata bahasa, dan pemahaman teks. Penelitian ini menganalisis 50 artikel ilmiah yang di terbitkan antara tahun 2015 hingga 2025, yang di peroleh dari berbabagai database jurnal akademik. Hasil kajian menunjukkan bahwa mind mapping secara konsisten dapat meningkatkan daya ingat, pemahaman materi dan minat belajar siswa dalam konteks pembelajaran bahasa arab. Studi ini mengindikasikan bahwa mind mapping dapat menjadi strategi pembelajaran yang efektif untuk mendukung proses pembelajaran bahasa arab. Artikel ini juga merekomendasikan pengembangan media pembelajaran berbasis mind mapping yang terintegrasi dengan teknologi digital.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jiic

Publisher

Subject

Religion Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Jurnal Intelek Insan Cendikia (JIIC) adalah jurnal MULTI DISIPLIN ILMU. Jurnal ini menerima artikel ilmiah dari seluruh bidang ilmu, seperti : keagamaan, pendidikan, ekonomi, sosial, kesehatan, hukum, manajemen, dan seluruh bidang keilmuan ...