Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan memberikan bukti empiris mengenai pengaruh status sosial ekonomi keluarga, dukungan orang tua, dan efikasi diri terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi pada siswa kelas XI SMK Negeri 51 Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan sumber data primer yang didapatkan dengan menggunakan kuesioner yang disebarkan kepada siswa kelas XI SMK Negeri 51 Jakarta. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik probability sampling jenis simple random sampling. Teknik analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda dengan menggunakan IBM SPSS Statistics 25. Hasil dari penelitian ini terdiri dari (1) status sosial ekonomi keluarga berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi; (2) dukungan orang tua berpengaruh secara positif akan tetapi tidak signifikan terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi; (3) efikasi diri berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi; (4) status sosial ekonomi keluarga, dukungan orang tua, dan efikasi diri berpengaruh secara simultan terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.
Copyrights © 2025