Penelitian ini merupakan studi literatur yang bertujuan untuk mengkaji pemanfaatan strategi deep learning dalam meningkatkan pemahaman konsep matematika dasar pada siswa sekolah dasar. Deep learning dalam konteks pendidikan tidak hanya mengacu pada teknologi kecerdasan buatan, tetapi lebih kepada pendekatan pembelajaran yang mendorong siswa untuk memahami materi secara mendalam, mengaitkan konsep-konsep, serta mampu menerapkannya dalam konteks nyata. Melalui telaah terhadap berbagai literatur yang relevan, penelitian ini mengidentifikasi strategi-strategi deep learning seperti pembelajaran berbasis masalah, diskusi reflektif, integrasi pengalaman nyata, dan penggunaan teknologi interaktif. Hasil studi menunjukkan bahwa pendekatan deep learning dapat membantu siswa membangun pemahaman konseptual yang lebih kuat dalam matematika, meningkatkan kemampuan berpikir kritis, serta memperkuat retensi pengetahuan jangka panjang. Dengan demikian, penerapan strategi ini sangat penting dalam proses pembelajaran matematika di jenjang sekolah dasar untuk menciptakan pembelajaran yang bermakna dan berpusat pada siswa
Copyrights © 2025