Penelitian ini dilaksanakan dengan maksud untuk mengkaji berbagai fase pertumbuhan psikologis yang dialami anak-anak dan remaja. Pendekatan yang digunakan adalah melalui sudut pandang dan kisah pribadi siswa-siswi yang duduk di bangku SMP dan SMA. Perhatian utama riset ini tertuju pada bagaimana para siswa mengerti alur perkembangan diri mereka, mulai dari sebelum lahir, masa bayi, periode anak-anak, hingga memasuki usia remaja dan dewasa muda. Studi ini berangkat dari keyakinan bahwa setiap individu memiliki pengalaman unik dalam perkembangannya. Pengalaman ini tidak hanya dipengaruhi oleh faktor biologis dan genetika, tetapi juga oleh lingkungan sekitar, perasaan yang dirasakan, budaya yang dianut, serta interaksi dengan orang lain sehari-hari. Oleh karena itu, menjadi krusial untuk mengerti bagaimana siswa memaknai pengalaman hidup mereka sebagai bagian dari perjalanan psikologis yang kompleks dan dinamis. Tujuan dari penelitian ini adalah menggali gambaran tentang dinamika internal dan pandangan subjektif yang sering kali terlewatkan jika hanya menggunakan metode kualitatif atau observasi dari luar, yaitu dengan mendengarkan langsung dari para siswa. Target utamanya adalah memperoleh wawasan yang lebih komprehensif tentang bagaimana siswa mengerti dan mengartikan berbagai aspek yang memengaruhi perkembangan pikiran, perasaan, interaksi sosial, dan nilai-nilai moral, serta bagaimana pengalaman-pengalaman tersebut membentuk jati diri, prinsip, dan pandangan mereka sebagai individu di fase perkembangan yang penting ini
Copyrights © 2025