Industri pariwisata selalu tumbuh seiring waktu, Laporan Tahunan UNWTO 2017 menunjukkan bahwa 1,3 miliar orang melakukanperlajalan wisata ke seluruh dunia. Pada tahun 2017 Indonesia telah dikunjungi lebih dari 14 juta wisatawan asing, tetapi Yogyakartasebagai salah satu tujuan wisata populer hanya dikunjungi oleh 4,3% wisatawan asing. Keputusan orang untuk bepergian dipengaruhioleh motivasi; salah satu motivasi perjalanan wisata adalah motivasi penarik. Penelitian ini untuk mengukur pengaruh motivasi penarik terhadap keputusan wisatawan asing berkunjung ke Yogyakarta. Hasil penelitian ini akan digunakan sebagai referensi dalampengambilan keputusan perencanaan, pengembangan, manajemen dan program pemasaran pariwisata Yogyakarta, sehingga dapatmeningkatkan daya saing dan jumlah kunjunga wisatawan asing ke Yogyakarta. Penelitian ini menemukan bahwa sebagian besar turis asing yang berkunjung ke Yogyakarta adalah perempuan. Mereka didominasi oleh 18-30 tahun, bepergian bersama pasangan. Internet adalah sumber paling efektif yang memberi mereka informasi tentang Yogyakarta. Penelitian ini menemukan bahwa motivasi penarik yang berpengaruh signifikan terhadap keputusan wisatawan adalah sejarah & budaya, variasi, petualangan, sumber daya alam, akses yang mudah & terjangkau, situs warisan, acara & kegiatan.
Copyrights © 2019