Nusantara : Jurnal Ilmiah Pariwisata dan Perhotelan
Vol 3 No 2 (2020): EDISI 6 AGU 2020

PERANAN RESEPSIONIS DALAM MELAYANI TAMU UNTUK MENUNJANG TINGKAT HUNIAN DI QUEEN OF THE SOUTH RESORT YOGYAKARTA

Suardana, I Ketut (Unknown)
Ayu Wandani, Dina (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Aug 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran resepsionis dalam melayani tamu untuk menunjang tingkat hunian dalam memberikan informasi tentang manajemen di queen of the south resort, terutama mengenai struktur pekerjaan di front office. Tingkat hunian kamar menunjukan volume tamu di hotel dalam suatu periode adalah parameter utama melihat keberhasilan layanan perhotelan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kualitatif. Analisis kualitatif mejelaskan deskripsi dari peran resepsionis dalam melayani tamu gambaran perilaku, pemikiran atau perasaan suatu kelompok individu. Sedangkan analisis kuantitatif digunakan untuk membuktikan hipotesis musim rendah dan musim tinggi tingkat hunian hotel berdasarkan occupancy hotel. Hasil penelitian ini menunjukan resepsionis mengerjakan job description dengan baik dan mampu melakukan upselling. Dengan kepribadian yang baik serta keramah tamahan resepsionis sehingga dapat meningkatkan tingkat hunian serta dapat bekerjasama dengan departement lain untuk mempermudah operasional hotel.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

nusantara

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences Other

Description

Jurnal NUSANTARA diterbitkan oleh institusi Akademi Pariwisata Dharma Nusantara Sakti (AKPARDA) yang berisi Kajian Pariwisata dan perhotelan, memuat berbagai gagasan, temuan mutakhir isu-isu kepariwisataan dan perhotelan tanah air. NUSANTARA dimaksudkan sebagai media publikasi dan pertukaran gagasan ...