Nusantara : Jurnal Ilmiah Pariwisata dan Perhotelan
Vol 5 No 2 (2022): EDISI 8 VOL 5 NOMOR 2 SEPTEMBER 2022

ANALISIS STRATEGI PEMASARAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN OMSET PENJUALAN PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI WARUNG KOPI INGKAR JANJI KULONPROGO YOGYAKARTA

I Ketut Suardana (Unknown)
Hanifah Helmi Nurjanah (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2022

Abstract

Tingkat persaingan dalam dunia bisnis menuntut setiap pemasaran untuk mampu melaksanakan kegiatan pemasaran dengan lebih efektif dan efisien. Kegiatan pemasaran tersebut membutuhkan sebuah konsep pemasaran yang mendasar sesuai dengan kepentingan pemasar dan kebutuhan serta keinginan pelanggan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui strategi yang digunakan Warung Kopi Ingkar Janji dalam meningkatkan omset penjualan pada saat masa pandemi Covid-19. Teori yang digunakan yaitu strategi pemasaran yang terdiri dari segmentasi, targeting, positioning, dan differentiation. Untuk teori promosi terdiri dari penjualan pribadi, periklanan, publikasi, hubungan masyarakat. Jenis penelitian yang digunakan oleh penulis adalah penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data antara lain, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa strategi pemasaran menerapkan empat komponen dalam teori strategi pemasaran, dan penerapan yang digunakan sudah efektif untuk meningkatkan penjualan di Kopi Ingkar Janji salah satunya dengan adanya fasilitas tambahan safari dengan mobil VW sehingga meningkatkan minat pelanggan untuk berkunjung. Dalam penerapan promosi telah menerapakan empat cara dalam teori promosi, dan penerapan cara promosi di Kopi Ingkar Janji sudah optimal dengan melakukan promosi melalui media sosial seperti instagram dan facebook, iklan berbayar, maupun secara langsung ditempat.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

nusantara

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences Other

Description

Jurnal NUSANTARA diterbitkan oleh institusi Akademi Pariwisata Dharma Nusantara Sakti (AKPARDA) yang berisi Kajian Pariwisata dan perhotelan, memuat berbagai gagasan, temuan mutakhir isu-isu kepariwisataan dan perhotelan tanah air. NUSANTARA dimaksudkan sebagai media publikasi dan pertukaran gagasan ...