Matakuliah inovasi pembelajaran IPA SD di prodi PGSD merupakan matakuliah baru dan belum memiliki modul yang mampu memfasilitasi kebutuhan dan karakteristik mahasiswa sehingga mahasiswa belum mampu mengoptimalkan kompetensi pada matakuliah tersebut. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk melakukan analisis kebutuhan terhadap pengembangan modul Inovasi Pembelajaran IPA berbasis Tri-Nga. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif untuk menghasilkan informasi kebutuhan terkait karakteristik mahasiswa, kurikulum, perangkat perencanaan dan asesmen yang dibuat, pendekatan dan strategi pembelajaran, muatan ajaran KHD Tri-Nga, modul, kemampuan abad 21 (6C), evaluasi, dan masalah yang dihadapi dosen yang akan digunakan untuk mengembangkan modul ke depannya. Teknik pengumpulan data yang digunakan sekaligus untuk menguji keabsahan data yaitu triangulasi teknik berupa dokumentasi, angket, dan wawancara. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian adalah analisis model Miles dan Huberman yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Subyek penelitian ini yaitu perwakilan mahasiswa dan dosen pengampu matakuliah Inovasi Pembelajaran IPA pada semester Ganjil Tahun Ajaran 2024/2025. Simpulan dari penelitian ini yaitu dalam matakuliah Inovasi pembelaran perlu memiliki modul yang sesuai dengan kurikulum baru yang berbasis ajaran KHD, berdiferensiasi, sesuai kebutuhan dan karakteristik mahasiswa, sesuai dengan materi dan capaian pembelajaran, serta mampu diakses dengan leluasa oleh dosen dan mahasiswa.
Copyrights © 2024