Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 9 No. 4 (2024): Volume 09 No. 04 Desember 2024 In Press

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN GRAMMAR TRANSLATION METHOD(GTM) PADA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS DI KELAS V SD NEGERI 106802 HELVETIA T. A 2024/2025

Simamora, Saut Mardame (Unknown)
Pane, Indah Permata Sari (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 106802 Helvetia pada mata pelajaran Bahasa Inggris dengan menggunakan Metode Grammar Translation (GTM). Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Inggris yang disebabkan oleh beberapa faktor, seperti metode pembelajaran yang monoton, kurangnya variasi, dan kurangnya media pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan siklus yang terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi/penilaian, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam satu siklus dengan lima tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, refleksi, dan revisi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan GTM dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Inggris. Terjadi peningkatan nilai post-test yang signifikan dibandingkan dengan nilai pre-test. Sebanyak 96% siswa mencapai kriteria ketuntasan belajar, menunjukkan bahwa GTM efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Inggris.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...