Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan yang bertujuan untuk memudahkan dan mengembangkan minat siswa terhadap pembelajaran matematika serta melatih keterampilan berbicara. Subjek penelitian adalah siswa SD Islam di Surabaya. Penelitian dan pengembangan ini dalam proses tahapannya hanya sampai tahap kevalidan. Dimana kevalidan tersebut telah dilakukan validasi terhadap tiga validator.Hasil penelitian dan pengembangan ini berhasil mengembangkan sebuah media pembelajaran Pookemon yang telah diuji kevalidannya oleh para validator dan telah dilakukan revisi dan beberapa perbaikan yang diberikan oleh para validator. Hasil validator pertama media pembelajaran tersebut mendapatkan skor 85%; validator kedua 77,5%; validator ketiga 95%. Dimana skor tersebut memiliki kriteria dalam penelitian dan pengembangan media pembelajaran yang telah dikembangkan,kriteria dari skor validator pertama adalah “Sangat Baik”; validator kedua “Baik”; validator ketiga “Sangat Baik”. Maka dari ketiga hasil validasi yang telah diberikan dapat di rata-rata dan disimpulkan media pookemon yang telah dikembangkan mendapatkan skor 86% dimana skor tersebut masuk dalam kriteria “Sangat Baik”. Dengan demikian media pembelajaran pookemon yang telah dikembangkan dapat dikatakan telah valid dan masuk dalam kriteria “Sangat Baik”.
Copyrights © 2024