Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 9 No. 04 (2024): Volume 09 No. 04 December 2024 In Press.

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POINT BOOK EDUCATION MONOPOLY (POOKEMON) DALAM KETERAMPILAN BERBICARA DAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA SEKOLAH DASAR

Muhammad Dwi Firmansyah (Unknown)
Bambang Subali (Unknown)
Edi Waluyo (Unknown)
Sri Sumartiningsih (Unknown)
Agus Yuwono (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan yang bertujuan untuk memudahkan dan mengembangkan minat siswa terhadap pembelajaran matematika serta melatih keterampilan berbicara. Subjek penelitian adalah siswa SD Islam di Surabaya. Penelitian dan pengembangan ini dalam proses tahapannya hanya sampai tahap kevalidan. Dimana kevalidan tersebut telah dilakukan validasi terhadap tiga validator.Hasil penelitian dan pengembangan ini berhasil mengembangkan sebuah media pembelajaran Pookemon yang telah diuji kevalidannya oleh para validator dan telah dilakukan revisi dan beberapa perbaikan yang diberikan oleh para validator. Hasil validator pertama media pembelajaran tersebut mendapatkan skor 85%; validator kedua 77,5%; validator ketiga 95%. Dimana skor tersebut memiliki kriteria dalam penelitian dan pengembangan media pembelajaran yang telah dikembangkan,kriteria dari skor validator pertama adalah “Sangat Baik”; validator kedua “Baik”; validator ketiga “Sangat Baik”. Maka dari ketiga hasil validasi yang telah diberikan dapat di rata-rata dan disimpulkan media pookemon yang telah dikembangkan mendapatkan skor 86% dimana skor tersebut masuk dalam kriteria “Sangat Baik”. Dengan demikian media pembelajaran pookemon yang telah dikembangkan dapat dikatakan telah valid dan masuk dalam kriteria “Sangat Baik”.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...