Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 9 No. 04 (2024): Volume 09, Nomor 04, Desember 2024 Progres

ANALISIS RESPON SISWA DAN GURU SEKOLAH DASAR TERHADAP PENGGUNAAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS ANDROID MATERI SISTEM TATA SURYA

Hidayat, Nur (Unknown)
Wahono Widodo (Unknown)
Suryanti (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2024

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana respon siswa dan guru terhadap penggunaan multimedia interaktif berbasis android pada materi sistem tata surya. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Pengumpulan data yang digunakan yaitu kuesioner (angket). Hasil analisis angket respon siswa dengan total 66 siswa dari tiga SD diperoleh dengan persentase 90% dari siswa SDN Kedensari 1, 86% dari siswa SDN Putat, dan 82% dari siswa SDN Karangtanjung, persentase tersebut termasuk dalam kriteria “Sangat Praktis”. Sedangkan, hasil analisis angket respon guru kelas VI di tiga SD diperoleh dengan persentase 90% dari guru kelas SDN Kedensari 1, 86% dari guru kelas SDN Putat, dan 88% dari guru kelas SDN Karangtanjung, dimana persentase tersebut termasuk dalam kriteria “Sangat Praktis”. Dapat diambil kesimpulan bahwa, penggunaan multimedia interaktif berbasis android materi tata surya ini dinyatakan sangat praktis dan dapat diterapkan dalam proses pembelajaran.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...