Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 9 No. 04 (2024): Volume 09 No. 04 Desember 2024

PERENCANAAN STRATEGIK BERBASIS TEKNOLOGI DALAM ERA PENDIDIKAN DIGITAL

Dwi Hajar Fitri Astuti (Unknown)
Muhimatul Lailiyah (Unknown)
Yanti Yuni Astuti (Unknown)
Ngurah Ayu Nyoman Murniati (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Dec 2024

Abstract

Artikel ini mengeksplorasi peran krusial perencanaan strategik berbasis teknologi dalam transformasi pendidikan di era digital, yang semakin mendesak akibat kemajuan teknologi informasi dan komunikasi (TIK). Dalam beberapa tahun terakhir, terutama selama pandemi COVID-19, lebih dari 1,5 miliar siswa di seluruh dunia beralih ke pembelajaran jarak jauh, menyoroti perlunya institusi pendidikan untuk beradaptasi dan mengintegrasikan teknologi secara efektif. Penelitian ini mengidentifikasi langkah-langkah sistematis yang diperlukan dalam perencanaan strategik, termasuk analisis kebutuhan yang mendalam, pengembangan infrastruktur yang memadai, integrasi teknologi dalam kurikulum, pelatihan profesional berkelanjutan bagi guru, dan evaluasi serta monitoring yang berbasis data. Melalui pendekatan kualitatif, artikel ini menganalisis tantangan yang dihadapi oleh lembaga pendidikan, seperti keterbatasan infrastruktur dan kurangnya kesiapan guru dalam memanfaatkan alat teknologi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keberhasilan integrasi teknologi sangat bergantung pada kesiapan institusi dalam mengatasi tantangan-tantangan tersebut. Dengan merumuskan strategi yang responsif terhadap kebutuhan dan tren yang terus berubah, artikel ini bertujuan untuk memberikan wawasan dan rekomendasi yang berguna bagi pendidik, pengelola sekolah, dan pembuat kebijakan dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran di era digital. Dengan demikian, artikel ini menegaskan bahwa perencanaan strategik berbasis teknologi bukan hanya sebuah kebutuhan, tetapi juga merupakan fondasi untuk menciptakan lingkungan belajar yang inovatif dan adaptif.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...