Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 9 No. 04 (2024): Volume 09 No. 04 Desember 2024 Press

ANALISIS PENDIDIKAN KARAKTER DALAM KURIKULUM NASIONAL : KETERKAITANNYA DENGAN KEADILAN SOSIAL DI INDONESIA

Pebru Alim Tufando (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2024

Abstract

Pendidikan karakter dalam kurikulum nasional memiliki peran sentral dalam pembentukan generasi yang berintegritas dan bertanggung jawab secara sosial. Artikel ini bertujuan menganalisis keterkaitan pendidikan karakter dengan keadilan sosial di Indonesia, mengingat semakin luasnya kesenjangan sosial di masyarakat. Berdasarkan tinjauan literatur terbaru dan data empiris, penelitian ini mengeksplorasi sejauh mana pendidikan karakter diimplementasikan melalui Kurikulum Merdeka dan dampaknya terhadap tercapainya kesetaraan sosial di seluruh wilayah Indonesia. Data dikumpulkan melalui studi pustaka, serta analisis kebijakan kurikulum dan kajian empirik yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan karakter dalam Kurikulum Merdeka mampu memberikan dampak positif terhadap nilai-nilai kesetaraan, namun mengalami kendala dalam penerapan akibat perbedaan kualitas dan akses pendidikan di daerah perkotaan dan pedesaan. Implikasi studi ini mengarah pada rekomendasi untuk pembuat kebijakan dalam mengembangkan kurikulum yang lebih kontekstual dan adil di setiap daerah. Artikel ini menawarkan perspektif baru tentang pentingnya pendidikan karakter dalam mendukung keadilan sosial di Indonesia.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...