Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 9 No. 04 (2024): Volume 09 No. 04 Desember 2024 Press

PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN PRESTASI AKADEMIK SISWA MELALUI PENERAPAN KONSEP KODRAT ALAM DAN ZAMAN SDN PEDURUNGAN KIDUL 04

Widya Nurhayati (Unknown)
Dinar Dwie Santos (Unknown)
Soedjono (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menganalisis peran guru dalam meningkatkan prestasi akademik siswa melalui penerapan konsep kodrat alam dan zaman di SDN Pedurungan Kidul 04 yang mencakup beberapa hal, seperti, mengetahui sejauh mana peran guru dalam menerapkan konsep Kodrat Alam dan Zaman dan menganilisii bagaimana penerapan konsep Kodrat Alam kodrat Zaman terhadap prestasi akademik siswa. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Adapun jenis pendekatan penelitian ini adalah deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Pedurungan Kidul 04. Obyek dari penelitian ini adalah Analisis penerapan konsep kodrat alam dan zaman di SDN Pedurungan Kidul 04, sedangkan subjek penelitian ini adalah bpk/ibu guru SDN Pedurungan Kidul 04. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis data deskriptif, yaitu dengan cara menghimpun data-data faktual dan mendiskripsikan. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa konsep kodrat alam dan zaman yang sudah diterapkan di SDN Pedurungan Kidul 04 berpengaruh terhadap peningkatan prestasi akademik siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...