Penelitian di latar belakangi dengan menggunakan metode jenis penelitian pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D). Menurut pendapat Sugiyono (2016:297) model penelitian dan pengembangan adalah langkah yang digunakan untuk menggambarkan pendekatan sistematis dalam suatu pengembangan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan mengembangkan bahan ajar berbasis Pop-Up Book untuk materi menentukan pesan dalam dongeng menggunakan model pengembangan ADDIE. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Development (R&D) yang dilaksanakan di SDN Sambirejo dengan subjek uji coba terbatas sebanyak 6 siswa dan uji coba luas 16 siswa dari kelas III tahun ajaran 2023/2024. Pengumpulan data dilakukan melalui angket dan tes. Angket digunakan untuk mengumpulkan data validasi bahan ajar, respons guru, respons siswa, soal, dan perangkat pembelajaran, sedangkan tes mengukur kemampuan siswa memahami pesan dalam dongeng. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar Pop-Up Book valid dengan hasil validasi bahan ajar sebesar 82,5% dan validasi ahli materi 85%, sehingga rata-rata persentase mencapai 83,75%. Bahan ajar ini juga efektif berdasarkan evaluasi uji coba terbatas dengan rata-rata nilai 83, tuntas secara klasikal (100%), dan uji coba luas dengan rata-rata nilai 86,25, tuntas secara klasikal (100%). Respons guru terhadap bahan ajar sangat baik dengan persentase 96%, sedangkan respons siswa dalam uji coba terbatas mencapai 89% dan uji coba luas 96%, keduanya dinyatakan sangat baik. Berdasarkan hasil tersebut, pengembangan bahan ajar Pop-Up Book untuk materi menentukan pesan dalam dongeng dinyatakan valid, efektif, dan sangat baik.
Copyrights © 2024